News  

BMKG: Mayoritas kota besar di Tanah Air diprakirakan diguyur hujan

BMKG: Mayoritas kota besar di Tanah Air diprakirakan diguyur hujan

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota-kota besar di Tanah Air diguyur hujan pada Kamis (13/10).

Menurut informasi daring BMKG yang diikuti di Jakarta, Kamis, hal yang mempengaruhi hujan di kota besar di Indonesia karena bibit siklon tropis 90W yang berada di Laut China Selatan, yang menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi di Laut China Selatan.

Kemudian, sirkulasi siklonik juga berada di Samudra Hindia Barat Bengkulu dan Papua, yang membentuk daerah konvergensi dari wilayah Papua Nugini hingga wilayah Papua.

Baca juga: BMKG prediksi hujan ringan hingga sedang guyur kota besar di Indonesia

Daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari wilayah Aceh hingga Selat Malaka, dari Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, di Jawa Tengah dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, dari Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Nusa Tenggara Barat dari laut Timor hingga Laut Banda, dari Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, dari Papua Nugini hingga Teluk Cendrawasih dan di wilayah Papua bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan disepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sementara itu, prakiraan cuaca berbasis dampak pada 13 Oktober 2022 status siaga di wilayah Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan selalu perbarui informasi cuaca.

Untuk wilayah Sumatera diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Palembang dan Pekanbaru. Sedangkan hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di Bandar Lampung.

Hujan yang dapat disertai dengan kilat/petir diprakirakan terjadi di Pangkalpinang, Bengkulu dan Jambi. Wilayah Aceh diprakirakan berawan.

Sementara wilayah Medan diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat dan wilayah Tanjungpinang diprakirakan terjadi hujan yang dapat disertai dengan kilat maupun petir.

Di wilayah Jawa, yang berada di wilayah Semarang diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan di wilayah Serang dan Bandung diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya diprakirakan terjadi hujan yang dapat disertai kilat maupun petir.

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Palangka Raya dan Tanjung Selor. Sedangkan di wilayah Pontianak dan Banjarmasin diprakirakan terjadi hujan intensitas ringan, sedangkan Samarinda diprakirakan berkabut.

Baca juga: Hujan ringan hingga sedang berpeluang turun di sejumlah kota besar

Baca juga: BMKG: Sebagian kota besar di Tanah Air diguyur hujan intensitas ringan

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Denpasar diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Hujan intensitas sedang diprakirakan terjadi di wilayah Mataram dan Kupang berawan.

Wilayah Mamuju, Manado, dan Kendari akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Hujan intensitas sedang akan terjadi di wilayah Makassar dan Palu, sedangkan di wilayah Gorontalo cuaca diprakirakan cerah berawan.

Wilayah Ternate, Ambon dan Jayapura diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan wilayah Manokwari esok hari (14/10) diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *