News  

Bencana Longsor Tulungagung, Tiga Warga Desa Meninggal Dunia

Bencana Longsor Tulungagung, Tiga Warga Desa Meninggal Dunia

JawaPos.com–Bencana longsor di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menewaskan tiga orang. Mereka menjadi korban tanah longsor susulan pada Minggu (23/10). Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur di sekitar lokasi kejadian.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung Nursono mengatakan, petaka itu bermula ketika tiga korban bersama warga lain membersihkan material longsoran. Sebab, sebelumnya bencana longsor telah terjadi dan menutupi jalan desa.

”Kepedulian masyarakat terhadap bencana sudah sangat bagus. Ketika kemarin ada tanah longsor, mereka bergotong-royong membersihkan material longsoran yang menutupi jalan. Saat istirahat, lalu ada tanah longsor susulan dan menimpa mereka,” ujar Nursono.

Selang beberapa saat kemudian tiba-tiba terjadi tanah longsor susulan yang menimpa para korban dan sejumlah warga. Selain tiga orang yang meninggal dunia, Nursono juga melaporkan ada dua warga yang mengalami patah tulang dan luka ringan.

Kedua warga tersebut sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Doktor Iskak Tulungagung, Jawa Timur. ”Satu patah tulang satunya lagi luka ringan sudah kami bawa ke RS Iskak,” jelas Nursono.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, wilayah Provinsi Jawa Timur termasuk dalam zona siaga dari prakiraan berbasis dampak hujan lebat, yang dapat memicu terjadinya banjir, banjir bandang, dan tanah longsor hingga Selasa (25/10).

Menyikapi hal itu, BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan. Upaya seperti monitoring lereng perbukitan, memastikan kondisi lereng tebing saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi agar dilakukan secara berkala untuk memininalisir dampak potensi bencana susulan.

Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu. Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri, dan lintas instansi lain.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *