News  

Baznas Luncurkan Program Usaha ZChicken di Semarang

Baznas Luncurkan Program Usaha ZChicken di Semarang

Suara.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program usaha ZChicken di Semarang, sebagai upaya mengangkat perekonomian mustahik. 

Peluncuran ini merupakan rangkaian dari program bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di Pulau Jawa. Sebelumnya program ini telah terlebih dahulu diluncurkan di Jawa Tengah pada 7 Februari 2022 lalu. 

Acara peluncuran kali ini digelar di Kantor Wali Kota Semarang, Sabtu (16/7/2022), dan dihadiri Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA, Wali Kota Semarang, Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA dan Ketua Baznas Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji. 

Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan program ZChicken merupakan salah satu dari banyaknya program Baznas yang digulirkan untuk membantu proses transformasi mustahik menjadi muzaki. Program ekonomi menjadi salah satu fokus Baznas setelah badai pandemi yang sangat mempengaruhi perekonomian keluarga rentan.

Baca Juga:
PSIS Semarang Sudah Siap Arungi Liga 1 2022/2023

“Baznas melalui ZChicken akan terus berupaya meningkatkan usaha mustahik tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, tetapi juga pendampingan yang intensif dalam pengembangan usaha, pencatatan keuangan, membangun kepercayaan diri, dan mendorong penguatan mental spiritual. Bantuan yang diluncurkan hari ini merupakan rangkaian dari peluncuran 1.000 ZChicken yang rencananya akan disebar di Pulau Jawa,” kata Noor.

Noor melanjutkan, program ini juga menjadi komitmen Baznas dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat. Selain itu juga menjadi pertanggungjawaban Baznas dalam mengelola dana yang disalurkan muzaki agar dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh mustahik. 

“Fokus kami adalah bagaimana mustahik merasakan manfaat luar biasa dari donasi yang disumbangkan donatur melalui Baznas. Kami tentu terus berupaya bantuan yang diberikan tepat sasaran dan selalu transparan, agar masyarakat bisa melihat bahwa dana yang diberikan sampai di tangan orang yang tepat,” katanya. 

Prof. Noor juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih juga kami haturkan kepada donatur dan pihak Pemkot Semarang yang telah membantu kelancaran program usaha ZChicken, semoga keberkahan selalu menyertai kita semua,” ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, mengatakan dalam program usaha ZChicken, Baznas tak hanya memberikan bantuan modal usaha di awal. Tapi juga intens memberi pelatihan secara berkala serta menyiapkan ekosistem yang baik untuk kemajuan usaha mustahik.

Baca Juga:
Usai Piala Presiden 2022, Bos PSIS Semarang Tegaskan Skuadnya Siap Tampil di Kompetisi Liga 1 2022/2023

“Melalui program bantuan usaha ZChicken, kami ingin memanfaatkan potensi pasar yang luas untuk promosi usaha ZChicken. Baznas tak hanya memberi bantuan modal usaha, namun juga membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal. Dalam hal ini Baznas membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken, yang tentunya usahanya juga dimiliki kelompok mustahik,” kata Saidah. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *