News  

Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Suara.com – Banyak orang yang menginginkan memiliki rezeki yang berlimpah dan hidup dengan nyaman di dunia. Salah satu upaya untuk menjemput rezeki bisa dilakukan dengan mengerjakan sholat dhuha dan membaca doa sholat dhuha.

Sholat dhuha adalah amalan sholat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. Sholat ini terdiri dari dua hingga paling banyak 12 rakaat.

Selain untuk menjemput rezeki, sholat dhuha juga memiliki keistimewaan lain yakni memohon pengampunan dosa. Hal ini seperti dalam hadist riwayat Tirmidzi berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja yang dapat mengerjakan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan.” (HR Tirmidzi)

Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha

Sholat dhuha dapat mulai dikerjakan ketika matahari telah terbit secara utuh. Para ulama mengungkapkan waktu itu dimulai 15 menit setelah matahari terbit karena posisinya mulai meninggi atau dimulai sekitar pukul 8.00 pagi.

Ada beberapa waktu terlarang untuk mendirikan sholat dhuha. Berikut ini tiga waktu haram mengerjakan sholat dhuha.

  • Setelah sholat subuh saat matahari masih proses terbit
  • Saat memasuki waktu dzuhur saat matahari sudah tergelincur ke barat
  • Saat matahari mulai terbenam.

Surat yang Dibaca

Dikutip dari NU Online, ada beberapa bacaan surat pendek yang dianjurkan dibaca saat sholat dhuha. Surat-surat pendek yang disarankan dibaca adalah surat Ad Dhuha di rakaat pertama dan surat Al Kafirun di rakaat kedua.

Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin

Bacalah bacaan doa sholat dhuha latin di bawah ini setelah Anda selesai mengerjakan sholat dhuha di pagi hari. Setelah selesai, lanjutkan dengan berdoa menyampaikan keinginan Anda kepada Allah SWT.

Arab latin: “Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bacaan doa sholat dhuha latin sesuai sunnah. Semoga bermanfaat!


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *