Zulkifli Hasan Akui Tak Kenal Rektor Penerima Suap Karomani, Bantah Tudingan Titip Ponakan di FK Unila

Zulkifli Hasan Akui Tak Kenal Rektor Penerima Suap Karomani, Bantah Tudingan Titip Ponakan di FK Unila

tribunwarta.com – Menteri Perdagangan ( Mendag ) Zulkifli Hasan ( Zulhas ) membantah tegas tudingan dirinya menitipkan ponakan ke Rektor penerima suap di Universitas Negeri Lampung ( Unila ).

Berhari-hari jadi objek perbincangan dan terseret ke pusaran kasus suap penerimaan mahasiswa baru (maba) di Unila , Zulhas akhirnya angkat bicara.

Sanggahan itu muncul usai Zulhas dikejar wartawan, setelah memantau harga di Pasar Rasalama Banyumanik, Kota Semarang, bersama menteri BUMN Erick Thohir, Jumat, 2 Desember 2022.

“(Saya) tidak punya ponakan yang namanya itu, tidak punya saudara yang daftar kuliah Unila . Nggak ada, tidak kenal Rektornya. Sudah toh, apalagi?” kata dia.

Baca Juga: Incar Juara AFF 2022, Jordi Amat Optimistis dengan Timnas Indonesia: Kami Punya Pemain yang Sangat Kuat

Lebih dari sekali, Zulhas menekankan tudingan benar-benar tak berdasar dan tak masuk akal, sebab dirinya bahkan tak mengenal sang rector nonaktif yang mencatut namanya.

“Tidak kenal (Prof Karomani ), tidak punya ponakan (di Unila ), clear kan?” ujar dia, menegaskan.

Masih di kesempatan yang sama, tepat ketika kendaraan dinasnya hendak meninggalkan kerumunan wartawan, Zulhas mengatakan tak ingin melaporkan balik si penuding, “ndak usah,” kata dia.

Dia melanjutkan, dirinya hanya akan mengikuti ke mana arah kasus berjalan. Namun dari sisi dia, Zulhas sekali lagi mengatakan taka da aksi titip-menitip ke Karomani .

Baca Juga: Wednesday Season 2 Kapan Tayang di Netflix? Intip Bocorannya di Sini

“Saya bilang (kita) ikutin aja (kasusnya), sudah jelas (saya) tidak punya ponakan yang kuliah (di Unila ),” katanya lagi, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Sabtu,3 Desember 2022.

Sebelumnya, isu ini geger setelah Rektor Universitas Lampung Prof Karomani mencatut nama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Zulhas ) dalam kasus suap kampusnya.

Di hadapan hakim dan jaksa penuntut umum (JPU), Karomani bersaksi Zulhas menitipkan keponakannya supaya bisa masuk ke Unila .

Kesaksian Karomani muncul saat ia tengah dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Andi Desfiandi di kasus suap penerimaan mahasiswa baru Unila .

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, Tenda Sakinah di Cianjur Ternyata Bukan untuk Kebutuhan Biologis Pasutri

Pengakuan ini diutarakan Karomani saat JPU KPK menunjukkan satu buku catatan yang berisi nama-nama orang yang ‘menitipkan’ mahasiswa di Universitas Lampung.

“Ini ada nama Zulkifli yang menitipkan mahasiswa bernama Zaky Algifari, siapa Zulkifli ini?” tanya JPU, di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, 30 November 2022.

“Iya itu Pak Menteri (Perdagangan) Zulkifli Hasan ,” jawab Karomani .

Lebih jelasnya, Karomani mengatakan dirinya mendapatkan nama Mendag Zulkifli Hasan dari Ketua Umum Apindo Lampung, Ary Meizari.

“Saya diberitahu Ary, ini keponakan Pak Zulkifli tolong dibantu. Saya bilang asal sesuai SPI dan nilai passing grade-nya minimal 500 bisa dibantu,” kata Karomani . ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!