Yudo Margono Ungkap 3 Elemen Kunci Bangun Kekuatan TNI

Yudo Margono Ungkap 3 Elemen Kunci Bangun Kekuatan TNI

tribunwarta.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengungkapkan sejumlah elemen kunci dalam pembangunan kekuatan TNI.

Hal itu disampaikannya saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jumat (2/12/2022).

“Dalam membangun kekuatan TNI, terdapat tiga elemen penting yang harus dipenuhi, yaitu yang pertama, sumber daya manusia,” kata Yudo dalam ruang rapat, Jumat.

Yudo menganggap, sumber daya manusia merupakan elemen kunci dari keberhasilan tugas TNI. Namun, hal itu ditentukan oleh peran dan tingkat profesionalisme setiap prajurit TNI.

“Oleh karena itu harus dibangun mental dan fisik agar memiliki kekuatan yang tangguh dalam setiap diri prajurit yaitu jiwa patriotisme,” jelasnya.

Elemen kedua yaitu soal alat utama sistem persenjataan (alutsista). Yudo berpendapat, alutsista merupakan kunci keberhasilan dalam setiap penugasan TNI.

Oleh karena itu, komponen Alutsista yang dimiliki TNI harus dapat menjawab kebutuhan tiap matra dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai alat pertahanan negara.

“Yang ketiga, organisasi. Organisasi kematraan harus disusun dan diatur mengikuti perkembangan dan kebutuhan angkatan, sehingga setiap lini terkecil dari tiap-tiap matra dapat diawaki secara maksimal,” tambah Yudo.

Atas hal-hal tersebut, Yudo menilai pentingnya tiga elemen untuk menjawab tantangan dan tugas TNI ke depan.

Dia mengingatkan bahwa tantangan dan tugas TNI terus berkembang serta dinamis.

“Jika ketiga elemen pembangunan kekuatan ini dapat dipadukan secara selaras, maka alhasil kekuatan TNI akan memiliki daya gerak dan daya gempur yang handal,” nilai Yudo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!