Total pengidap HIV/AIDS di Kotabaru 115 orang

Total pengidap HIV/AIDS di Kotabaru 115 orang

tribunwarta.com – Total pengidaphuman immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syindrom (AIDS) di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, saat ini sebanyak 115 orang.

“Akumulasi kurun waktu sejak 2012-2022 mencapai 115 kasus,” kata Plt. Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kotabaru dr Noventius Tobing pada acara forum grup diskusi (FGD) di Kotabaru, Senin.

Ia mengatakan jumlah kasus HIV di Kotabaru sebanyak 75 orang, AIDS sebanyak 40 orang.

Dia menjelaskan ibu rumah tangga mendominasi sebanyak 23 persen, hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi penularan di tatanan keluarga.

Sekitar 22 persen kasus ditemukan pada usia 17 – 25 tahun, yang menunjukkan bahwa mereka tertular di usia muda.

“Anak-anak usia satu sampai lima tahun ditemukan sebanyak 2 persen kemungkinan terpapar dari orang tua,” katanya.

Tobing berharap perilaku masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak bersinggungan langsung dengan tempat tempat yang ditengarai menjadi awal terjadinya kasus tersebut.

Sementara itu, Spv CDEA Arutmin Indonesia NPLCT Yogi Swara Putra Mendra mengungkapkan forum grup diskusi diadakan bertepatan dengan hari HIV AIDS sedunia yang diperingati setiap Desember tiap tahunya.

“Kita peduli terhadap kesehatan masyarakat, sosialisasi dan diskusi seperti ini akan memberikan pemahaman yang benar terhadap masyarakat,” kata Yogi.

Ia mengungkapkan kepedulian terhadap orang dengan HIV/AIDS(ODHA) perlu disosialisasikan agar pemahamannya tidak keliru terhadap orang di sekeliling kita.

Ketua pelaksana forum grup diskusi Budi menerangkan kegiatan itu didasari rasa empati terhadap masyarakat Kotabaru tentang HIV/AIDS agar mereka paham tentang pola hidup sehat.

“Semoga meraka paham tentang proses penularan dan cara pencegahan agar tetap hidup berdampingan dengan tetap menjaga pola hidup sehat,” demikian Budi.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!