Tanggal 1 Januari Hari Memperingati Apa?

Tanggal 1 Januari Hari Memperingati Apa?

tribunwarta.com – Tanggal 1 Januari 2023 jatuh pada hari Minggu. Pada hari ini, orang-orang di berbagai negara di seluruh dunia merayakan Tahun Baru 2023.

Selain itu, umat Katolik juga merayakan Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 1 Januari 2023 .

Tahun Baru 2023

Di banyak negara yang menggunakan kalender Gregorian, termasuk Indonesia, tanggal 1 Januari menandai hari pertama dalam setahun.

Banyak orang yang merayakan datangnya tahun baru dengan membuat resolusi dan janji untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Umat Protestan dan Katolik pun melaksanakan ibadah tahun baru pada hari ini.

Kalender Gregorian yang digunakan saat ini diperkenalkan oleh Paus Gregorius XIII di lingkungan Gereja Katolik pada Oktober 1582. Kalender ini didasarkan pada tahun matahari.

Sebelum kalender Gregorian digunakan sebagai standar global, sebagian besar dunia kuno menjalankan banyak sistem kalender yang berbeda dan beragam untuk menandai perjalanan waktu.

Kalender Gregorian adalah versi modifikasi dari kalender Julian yang diperkenalkan oleh Kaisar Romawi Julius Caesar pada masa pemerintahannya sekitar tahun 44 SM.

Peralihan kalender pada tanggal 4 Oktober 1582 mengharuskan beberapa hari dihilangkan. Hari setelah 4 Oktober 1582 dinyatakan oleh Paus Gregorius sebagai 15 Oktober 1582.

Bersamaan dengan pemberlakuan kalender baru pada 4 Oktober 1582, paus juga menetapkan bahwa setiap tahun secara resmi akan dimulai pada 1 Januari, bukan 1 April seperti pada sistem kalender lunar yang lama.

Hari Keluarga Sedunia

Hari Keluarga Sedunia diperingati pada tanggal 1 Januari. Hari ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2001.

Hari Keluarga Sedunia dirayakan setiap tahun untuk mempromosikan konsep harmoni dan persatuan di dunia.

Selain itu, Hari Keluarga Sedunia juga bertujuan untuk menekankan gagasan dunia sebagai desa global di mana semua orang adalah keluarga, terlepas dari kewarganegaraan, perbatasan atau ras mereka.

Hari Keluarga Sedunia diharapkan dapat menyebarkan pesan perdamaian dan persatuan di seluruh dunia.

Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah

Umat Katolik di seluruh dunia merayakan Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah pada tanggal 1 Januari setiap tahun.

Di antara Dua Belas Hari Natal, perayaan ini jatuh pada hari kedelapan Natal.

Hari ini dikenal juga sebagai Hari Raya Maria dan merupakan pesta untuk merayakan keibuan Maria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!