Solusi Sampah Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta, 3.180 Petugas Kebersihan Disiagakan

Solusi Sampah Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta, 3.180 Petugas Kebersihan Disiagakan

tribunwarta.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sejumlah lokasi sebagai lokasi perayaan malam Tahun Baru 2023.

Sejumlah titik perayaan malam Tahun Baru 2023 di antaranya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Old Shanghai Cakung, Jakarta Timur.

Ada juga di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Kantor Walikota Jakarta Utara dan Kantor Walikota Jakarta Barat. Selanjutnya, perayaan malam Tahun Baru 2023 juga akan digelar di Setu Babakan, Jakarta Selatan dan Pulau Untung Jawa di Pulau Seribu.

Guna menjaga kebersihan saat malam Tahun Baru 2023, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan akan mengerahkan 3.180 personel satuan tugas kebersihan untuk menjaga kebersihan kota saat malam pergantian tahun 2023.

“Kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan dari Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP). Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot,” katanya, Senin, 26 Desember 2022.

“Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan bekerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Nantinya, ribuan petugas tersebut akan mulai disiagakan sejak Sabtu, 31 Desember 2022. Kegiatan pembersihan pun akan berlangsung secara serentak pada keesokan harinya pukul 00.30 WIB dan ditargetkan selesai sebelum 05.00 WIB.

“Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12/2022) sore, seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsinyering untuk mengecek kesiapan petugas,” ucapnya.

“Saat puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi,” tuturnya.

Adapun, nantinya Dinas Lingkungan Hidup juga akan menyiapkan sarana untuk penanganan kebersihan, seperti kendaraan angkut sampah yang akan dikerahkan sebanyak 14 unit.

Kemudian, mobil penyapu jalan otomatis juga akan diturunkan sebanyak 24 unit. Sementara itu, bus toilet juga akan disediakan sebanyak 17 bus.

Ratusan tempat sampah pun akan disebar atau diletakkan di sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian pada malam tahun baru. Tak hanya itu saja, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang juga akan disiagakan untuk dapat beroperasi 24 jam.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta juga akan menerapkan car free night pada Sabtu, 31 Desember 2022 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin yang dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas.

“Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 sampai 02.00 WIB,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!