Saat Fit And Proper Test, Yudo Margono: Perlu Sinergi Seluruh Komponen untuk Bangun Kekuatan Pertahanan Negara

Saat Fit And Proper Test, Yudo Margono: Perlu Sinergi Seluruh Komponen untuk Bangun Kekuatan Pertahanan Negara

tribunwarta.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengingatkan pentingnya sinergitas guna membangun pertahanan negara.

Hal itu disampaikan Yudo saat menjalani fit and proper test calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jumat (2/12/2022) sore.

“Upaya dalam membangun postur kekuatan pertahanan negara yang kuat dan tangguh, seluruh komponen kekuatan pertahanan negara perlu bersinergi,” kata Yudo dalam ruang rapat Komisi I DPR, Jumat.

Yudo menjelaskan, sinergi yang dimaksud termasuk dalam upaya pembangunan, pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI sebagai komponen utama.

Bukan tanpa sebab, Yudo menilai, sinergitas yang terencana dengan baik mampu mewujudkan kekuatan pertahanan negara.

“Sehingga menjadi kekuatan pertahanan negara yang terintegrasi dan kokoh guna membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Yudo.

Dia juga berharap, antar matra TNI memiliki kesamaan konsep dan strategi dari hulu ke hilir.

Hal tersebut dinilai mempermudah dan mempercepat proses pembangunan kekuatan pertahanan yang sangat dibutuhkan negara.

Sebagai informasi, nama KSAL Yudo Margono menjadi calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Nama Yudo Margono diumumkan langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani setelah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Puan Maharani meyakini bahwa Presiden mempunyai banyak pertimbangan dalam menunjuk Yudo Margono untuk memegang tongkat komando Panglima TNI. Salah satunya ihwal nasionalisme yang ada pada diri abituren Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu.

“Tentu saja banyak hal yang menjadi pertimbangan kinerja, kemudian nasionalisme, rasa cinta Tanah Air, dan lain sebagainya, dan itu saya rasa sudah memenuhi syarat yang ada,” ujar Puan di Gedung DPR, Senin sore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!