PKS Nilai Kode Airlangga soal Partai Gabung KIB Bukan untuk Mereka

PKS Nilai Kode Airlangga soal Partai Gabung KIB Bukan untuk Mereka

tribunwarta.com – Pihak Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) menganggap kode yang disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenai partai politik yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu ( KIB ) bukan berarti PKS.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid menyatakan, warna yang disebut Airlangga sebagai identitas partai politik yang masuk KIB bukanlah warna PKS.

“PKS warnanya putih oranye,” kata Kholid kepada Kompas.com, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya, Airlangga menyebut warna partai politik yang akan gabung ke KIB itu seperti warna bola Piala Dunia dan warna baju yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun warna bola Piala Dunia 2022 dominan putih dengan aksen biru dan merah, sedangkan Jokowi kerap terlihat menggunakan baju putih.

Di sisi lain, PKS disebut terus berupaya menyelesaikan komunikasi dan membangun koalisi dengan Nasdem serta Demokrat.

Sejauh ini, kata Kholid, komunikasi yang terjalin semakin mantap.

Dia pun berharap, PKS sudah memiliki keputusan koalisi setelah rapat Majelis Syuro digelar akhir tahun.

Insy Allah, kita tunggu putusan Majelis Syuro akhir tahun ini ya. Semoga akhir tahun sudah ada keputusan,” tutur Kholid.

Kendati begitu, hingga kini PKS tetap menjalin komunikasi selain dengan Nasdem dan Demokrat.

Keran komunikasi itu juga terbuka dengan partai politik lain, termasuk Golkar.

Hanya saja, komunikasi lebih intens sudah dibangun PKS dengan Nasdem dan Demokrat.

“Kalau komunikasi, kami terbuka dengan partai-partai politik,” ujar dia.

Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan bahwa akan ada partai politik yang bakal bergabung ke KIB yang saat ini beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden, yang bagian dari bola (Piala Dunia) itu juga,” kata Airlangga seusai pertemuan antara elite KIB di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Bola Piala Dunia 2022 yang diberi nama Al Rihla memiliki warna dominan putih dengan aksen biru dan merah, sedangkan Jokowi kerap kali terlihat mengenakan kemeja putih.

Namun, Airlangga mengaku belum mau mengungkap nama partai yang dimaksud hingga adanya kesepakatan bahwa partai itu tergabung ke KIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!