Pemprov DKI komitmen tegakkan HAM secara merata melalui sinergi

Pemprov DKI komitmen tegakkan HAM secara merata melalui sinergi

tribunwarta.com – Pemerintah ProvinsiDKI menyatakan komitmennya untuk menegakkan dan memajukan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) secara merata di seluruh wilayah Ibu Kota melalui sinergi.

“Kami menyatakan komitmen untuk peduli dengan pemenuhan kebutuhan HAM warga Jakarta dengan melakukan sinergiberbagai pihak,” kata Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartonodi Jakarta, Senin.

Pemprov DKI Jakarta akan mewujudkan kewajiban serta tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Dukungan terhadap aksi memajukan HAM menjadi program prioritas yang terus dilaksanakan.

Ia pun mengapresiasi seluruh aparatur Pemprov DKI Jakarta yang telah bekerja dan bersinergi mengimplementasikan program penegakan serta pemajuan HAM.

Upaya itu menghasilkan penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM dan Pembinaan Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2022 dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Heru Budi Hartono menerima langsung penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Hotel Sultan, Jakarta Pusat Senin ini di sela peringatan Hari HAM sedunia ke-74.

Ia menegaskan peringatan Hari HAM itu menjadi momentum untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya penjaminan kehidupan yang manusiawi, serta pemajuan HAM untuk pembangunan seluruh masyarakat Indonesia dan Jakarta.

Untuk itu, dukungan terhadap pemajuan HAM yang dilakukan oleh institusi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, tetap menjadi prioritas program yang akan terus dilaksanakan.

Sementara itu, tema Peringatan Hari HAM di Indonesia yaitu Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju, dinilai memiliki makna yang mendalam.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengatakan beberapa penghargaan diberikan oleh Kemenkumham RI sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan HAM.

Penghargaan diberikan di antaranya kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan korporasi, serta seluruh anggota masyarakat.

Para penerima penghargaan dianggap sudah melaksanakan upaya dan kerja keras bersama dalam mewujudkan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, pemajuan dan penegakan HAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!