Pemkot Palu salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur Rp324 juta

Pemkot Palu salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur Rp324 juta

tribunwarta.com – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, senilai Rp324 juta sebagai bentuk peduli kemanusiaan.

“Bantuan bencana dalam bentuk uang tunai diterima Bupati CianjurHerman Suherman untuk digunakan memenuhi kebutuhan korban gempa,” kata Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayantiusai menyerahkan bantuan bencana di Cianjurmelalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Rabu.

Ia menjelaskan, bantuan kemanusiaan sejumlah Rp324 juta itu terdiri dari Rp300 juta murni dari keuangan daerah, sedangkan Rp24 juta merupakan hasil donasi terkumpul melalui rekening yang dibuka Pemkot Palu melalui Dinas Sosial.

Donasi Rp24 juta, kata dia, telah ditransfer Dinas Sosial beberapa waktu lalu ke rekening Pemkab Cianjur.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan duka mendalam atas bencana yang terjadi di daerah tersebut, apalagi Kota Palu juga pernah merasakan hal yang sama pada 2018 silam.

“Kedatangan kami ingin meringankan beban para korban. Apalagi pada 28 September 2018 silam kami mengalami kejadian bencana yang sangat dahsyat pula di mana tiga bencana alam terjadi dalam waktu yang sama,” ucap Irmayanti.

Ia mengemukakan, bencana alam terjadi di ibu kota Sulteng saat itu memberikan dampak yang begitu besar bagi Pemkot Palu, hingga menelan ribuan korban jiwa.

“Apa yang dirasakan masyarakat Cianjur, sama halnya yang dirasakan masyarakat Kota Palu kala itu, bahkan hingga saat ini pemerintah kota, provinsi, dan pemerintah pusat berkolaborasi berupaya memenuhi kebutuhan penyintas, salah satunya hunian tetap (huntap),” ujar Irmayanti.

Ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warga tertimpa musibah.

Usai menyerahkan bantuan, rombongan Pemkot Palu berkesempatan mengunjungi posko darurat yang dibangun pemerintah setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!