Pemkot Jaksel lampaui target vaksinasi rabies pada 2022

Pemkot Jaksel lampaui target vaksinasi rabies pada 2022

tribunwarta.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berhasil melampaui target vaksinasi rabies yang ditetapkan sebanyak 6.800hewan meliputikucing, anjing, kera, dan musang pada tahun 2022 sekaligus mempertahankan predikat sebagai kota bebas rabies.

“Kami berhasil melakukan vaksinasi rabies terhadap total7.938 hewan selama 2022,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Hasudungan merinci ribuan hewan yang sudah divaksinasi meliputi 1.091 ekor anjing, 6.728 ekor kucing, 67 ekor kera, dan 55 ekor musang.

Menurut dia,pencapaian ini tentunya melebihi target yang sudah dipasang yakni 6.800 ekor hewan pada 2022 lalu, maka dari itu pihaknya terus menggencarkan vaksinasi hewan di setiap wilayah Jakarta Selatan.

Selain vaksinasi rabies, langkah pengendalian penyakit rabies lainnya yakni pengendalian Hewan Penular Rabies (HPR) dengan menindaklanjuti laporan warga.

Adapun dari pengendalian HPR ini menyasar total 600 ekor terdiri dari 57 ekor anjing dan 543 kucing liar yang diamankan.

Sudin KPKP memberikan syarat hewan yang akan divaksinasi rabies dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit seperti flu atau pun berkutu.

Selain itu, juga ada program sterilisasi kucing dengan total 772 ekor yang dilaksanakan secara gratis di sejumlah titik oleh puskesmas yang ada di Jakarta Selatan.

Kegiatan lainnya yakni capaian vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang juga mencapai 955 ekor sesuai dengan target yang ditentukan.

“Kami pastikan semua sapi, kambing, kerbau, dan domba di Jakarta Selatan juga bebas dari PMK selama 2022,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan (Sudin KPKP Jaksel) menggalakkan vaksinasi rabies bagi hewan dengan menyasar 6.800 binatang pada 2022.

“Kegiatan vaksinasi rabies ini dilakukan setiap tahun. Targetnya tahun ini sekitar 6.800 hewan,” kata Plt. Kepala Seksi Peternakan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jaksel Nila Kartina saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!