Pemkot Depok raih indeks tertinggi daya saing digital daerah

Pemkot Depok raih indeks tertinggi daya saing digital daerah

tribunwarta.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, meraih penghargaan East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) atau indeks daya saing digital daerah, pada ajang Regional Summit2022.

“Penghargaan ini merupakan event tahunan dari Katadata Insight Center (KIC) dan East Ventures, perusahaan venture capital pelopor investasi start up teknologi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok,Manto di Depok, Minggu.

Dikatakannya, EV-DCI merupakan pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar dan 50 indikator. Sub-indeks pembentuknya adalah input, outputdan penunjang.

“Adapun pilar pembentuknya, yaitu sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengeluaran TIK, perekonomian, kewirausahaan dan produktivitas. Selanjutnya, ketenagakerjaan, infrastruktur, keuangan dan regulasi serta kapasitas pemerintah daerah,” kata Manto.

Menurut dia, ajang yang telah berjalan sejak 2020 ini bertujuan mempertemukan para pemangku kepentingan, di tingkat pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis dan masyarakat, untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

“Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi sekaligus tantangan bagi kami khususnya Kota Depok, agar dengan nilai yang baik, bisa berdampak langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya dengan nilai indeks daya saing digital daerah yang baik, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat membaik dan indeks pemerataan pembangunan juga semakin baik sehingga masyarakat merasakan adanya pemerataan pembangunan di Kota Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!