Mufidah Jusuf Kalla kirim 20 ribu sarung untuk pengungsi di Cianjur

Mufidah Jusuf Kalla kirim 20 ribu sarung untuk pengungsi di Cianjur

tribunwarta.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Jawa Barat, mendapat bantuan 20 ribu kain sarung dari istri mantan Presiden RI sekaligus Ketua Umum PMI, Mufidah Jusuf Kalla yang akan disalurkan untuk penyintas gempa yang tinggal di pengungsian.

Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana di Cianjur, Senin mengatakan hingga hari kedelapan penanganan bencana gempa, pihaknya banyak mendapat titipan bantuan dari berbagai kalangan yang sebagian besar sudah disalurkan pada penyintas gempa.

“Hari ini, kami mendapat kiriman 20 ribu kain sarung dari ibu Mufida Jusuf Kalla dan bantuan dalam bentuk barang dan uang dari berbagai kalangan termasuk PMI dari berbagai provinsi di Jawa,” katanya.

Ia menjelaskan, selama TDB gempa Cianjur, banyak donasi dan bantuan yang masuk ke posko PMI Cianjur, baik diserahkan secara langsung atau melalui jasa pengiriman barang mulai dari pengusaha di berbagai daerah di Jabar, Jateng dan Jatim.

Bahkan ungkap Fajar, pihaknya mendapat bantuan berupa sembako dan sayur mayur untuk dapur umum yang berasal dari PMI Jateng, sehingga dapat memenuhi kebutuhan makan bagi ratusan relawan yang tersebar di tiga posko pelayanan.

“Bantuan logistik dari pusat yang jumlahnya sekitar puluhan ribu paket sudah kita sebarkan seperti family kitt, haigent kitt, beras, mie instan, selimut, matras dan terpal serta tempat penampungan air sudah terpasang di puluhan posko pengungsian,” katanya.

Upaya penanganan cepat penyaluran logistik terutama pasokan air bersih untuk puluhan posko pengungsian tambah dia, dilakukan setiap hari dengan total air bersih yang disalurkan sudah mencapai 550 ribu liter bekerjasama dengan PDAM Cianjur.

“Pasca bencana memfokuskan berbagai program pemulihan termasuk trauma healing terhadap anak dan warga korban gempa, termasuk pendistribusian air bersih ke posko pengungsian dan perkampungan warga terdampak,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!