Menhub Prediksi 44,1 Juta Orang Bakal Bepergian pada Libur Natal-Tahun Baru

Menhub Prediksi 44,1 Juta Orang Bakal Bepergian pada Libur Natal-Tahun Baru

tribunwarta.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi, 44,1 juta orang atau 16 persen akan bepergian pada masa libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Hal itu berdasarkan survei Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi.

“Angka ini lebih rendah dibandingkan 2019, yaitu 55 persen,” kata Budi dalam rapat di Komisi V DPR, Selasa (13/12/2022).

Budi juga menyampaikan, berdasarkan survei, mobil pribadi menjadi kendaraan yang paling banyak akan digunakan masyarakat. Angkanya mencapai 28 persen.

“Sepeda motor cukup besar 16,47 persen, dan diperkirakan kereta api 13 persen, bus 11 persen, pesawat 11 persen, kapal penyeberangan 4 persen, dan kapal laut 2 persen,” kata dia.

Selain itu, Budi menyebut bahwa masyarakat yang berpergian selama Natal dan tahun baru paling banyak berasal dari Jabodetabek, yakni 7,1 juta.

“Jawa Timur 6,2 juta, Jawa Tengah 5,8 juta, Jawa Barat 4,4 juta, Sumatera Utara 3 juta,” ucap dia.

“Sedangkan tujuan yang terbanyak yang diprediksikan seperti tahun-tahun yang lalu, Jawa Tengah 8,7 juta, Jawa Timur 7,7 juta, Jawa Barat 6,5 juta, Jabodetabek 4,7 juta, DI Yogyakarta 3,6 juta,” ujar Budi.

Pada masa libur Natal dan tahun baru 2023 nanti, pemerintah tidak membatasi mobilitas masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!