Mendag Zulhas Soal ‘Titip’ Ponakan di Kampus Unila: Gak Punya Ponakan di Sana, Gak Kenal Rektornya

Mendag Zulhas Soal ‘Titip’ Ponakan di Kampus Unila: Gak Punya Ponakan di Sana, Gak Kenal Rektornya

tribunwarta.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Mendag Zulhas ) membantah kesaksian Rektor Universitas Lampung ( Unila ) nonaktif Prof Karomani , soal dirinya yang ‘titip’ ponakan kepada tersangka suap penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Sebelumnya, diketahui nama Mendag Zulhas dicatut Bersama dengan anggota DPR RI Fraksi PDIP Utut Adianto di sidang lanjutan kasus suap Unila .

Kedua pejabat publik tersebut disebut-sebut Karomani telah menitipkan kerabat mereka kepadanya, supaya dimasukkan ke Unila lewat jalur ‘spesial’.

Hal itu disampaikannya saat ia tengah dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Andi Desfiandi, di Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Rabu, 30 November 2022.

Baca Juga: Prediksi Argentina vs Australia di Piala Dunia 2022: Berita Tim, Head to Head, Susunan Pemain, Prakiraan Skor

Zulkifli lantas menepis semua kesaksian itu. Dia bahkan mengatakan dirinya tak memiliki keponakan yang berkuliah di Unila .

“Saya bilang (kita) ikutin aja (kasusnya), sudah jelas (saya) tidak punya ponakan yang kuliah (di Unila ),” kata Zulkifli, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Sabtu,3 Desember 2022.

Adapun sanggahan itu muncul Ketika Zulhas dikejar wartawan, usai memantau harga di Pasar Rasalama Banyumanik, Kota Semarang, bersama menteri BUMN Erick Thohir, Jumat, 2 Desember 2022.

Dalam kesempatan serupa, dia menegaskan kembali tudingan sangat tak berdasar, karena faktanya dia tak punya ponakan mahasiswa Unila dan sama sekali tidak mengenal Karomani.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Pikirkan Benteng Manonjaya, Akses Pengganti Jembatan Cirahong

“(Saya) tidak punya ponakan yang namanya itu, tidak punya saudara yang daftar kuliah Unila . Nggak ada, tidak kenal Rektornya. Sudah toh, apalagi?” kata dia.

“Tidak kenal, tidak punya ponakan, clear kan?” ujar dia, menegaskan lagi.

Kendati merasa disudutkan dengan tudingan tidak masuk akal, Zulhas mengaku tak ingin memperpanjang masalah dengan melaporkan balik Karomani yang mencatut namanya, “ndak usah,” kata dia.

Prof Karomani , Rektor (nonaktif) Unila yang mencatut nama Mendag Zulhas lengkapnya mengatakan nama menteri tersebut muncul dari Ketua Umum Apindo Lampung, Ary Meizari.

Baca Juga: Gelar Kontes Modifikasi Daihatsu Dress Up e-Challenge 2022, Daihatsu Bawa 1.000 Peserta Lebih

“Saya diberitahu Ary, ini keponakan Pak Zulkifli tolong dibantu. Saya bilang asal sesuai SPI dan nilai passing grade-nya minimal 500 bisa dibantu,” kata Karomani.Hal itu dibenarkan oleh Ary yang sempat dihadirkan juga sebagai saksi di persidangan kasus suap Unila . Menurutnya, Zulhas bahkan mengajukan permintaan ‘titip’ ponakan lebih dari sekali.

“Saya diminta tolong dua kali oleh Bang Zulhas . Yang pertama saat UTBK kemudian yang kedua lewat jalur mandiri,” ucapnya.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melalui keterangan juru bicaranya, Ali Fikri mengatakan bakal mendalami kesaksian tersebut, sehingga pernyataan terkait Mendag Zulhas bisa secepatnya dipertegas menjadi fakta hukum. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!