Mahasiswa Fasilkom UI juara tiga big data challenge 2022

Mahasiswa Fasilkom UI juara tiga big data challenge 2022

tribunwarta.com – Tim T-Sne Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) meraih juara ketiga

untuk divisi Big Data Challenge (BDC)dalam kompetisi Satria Data yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Fasilkom UI meraih juara tiga BDCsetelah mempresentasikan yang menganalisis persepsi dan opini masyarakat terhadap BPJS Kesehatan.

“Kami melakukan dua hal yaitu sentiment analysis dan topic modelling yang datanya kami kumpulkan sendiri dengan menggunakan kata kunci mengandung ‘BPJS’,” kata salah seorang perwakilan tim T-Sne Fasilkom UI, Nyoo Steven Christopher Handoko dalam keterangannya, Selasa.

Topic modelling di lakukan untuk mengetahui apa saja topik-topik pembicaraan masyarakat di media sosial tentang BPJS Kesehatan. Sentiment analysis kami lakukan untuk mengetahui apakah masyarakat memiliki sentimen yang positif, netral, atau positif terhadap topik-topik yang kami dapatkan.

Di era digital saat ini, data menjadi aset penting yang dapat dimanfaatkan dan diolah untuk pengambilan keputusan hingga perkembangan bisnis. Sekumpulan data yang dapat dimanfaatkan itu disebut Big Data yang memiliki volume besar, mengacu pada kecepatan, serta berbentuk terstruktur,tidak terstruktur,semi-terstruktur.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto mengatakan bahwa Fasilkom UI bertekad menjadi top referral bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia. Fasilkom UI harus menjadi institusi terdepan dalam mengembangkan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia.

“Dengan prestasi ini setidaknya memberikan bukti kontribusi nyata, selamat tim Fasilkom UI,” kata Mursanto.

Kompetisi diikuti oleh 70 universitas di Indonesia di antaranya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan lainnya. Ada 7.738 mahasiswa se-Indonesia yang mendaftar untuk mengikuti ajang tersebut.

Pada kompetisi Satria Data tahun 2022, UI mengirimkan 62 delegasi mahasiswa yang terdiri dari 25 mahasiswa berasal dari Fasilkom, 35 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan 2 mahasiswa dari Fakultas Teknik.

Dari 62 mahasiswa perwakilan UI tersebut, hanya tim T-Sne Fasilkom UI yang terdiri dari tiga mahasiswa program studi Ilmu Komputer (IK) yakni, Nyoo Steven Christopher Handoko (IK ‘21); Made Swastika Nata Negara (IK ‘21); dan Eko Julianto Salim (IK ‘19) yang lolos menjadi finalis divisi BDC kompetisi Satria Data 2022.

Satria Data merupakan kompetisi untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam bidang statistika, sains data, serta penerapannya yang diselenggarakan pada 1 Oktober-8 Desember 2022. Selain kemampuan hardskill di bidang statistika dan sains data, kegiatan tersebut juga menjadi ajang adu softskill seperti kemampuan komunikasi, visualisasi, kerja sama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!