Kim Jong Un memulai pertemuan penting jelang Tahun Baru

Kim Jong Un memulai pertemuan penting jelang Tahun Baru

tribunwarta.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memulai pertemuan penting Partai Buruh yang berkuasa, menurut laporan media pemerintah pada Selasa, momentum yang sering dia manfaatkan untuk mengumumkan keputusan kebijakan besar yang menandai Tahun Baru.

Rapat Pleno Diperbaharui Keenam Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea (WPK) diadakan pada Senin, kata kantor berita resmi KCNA.

Pertemuan partai dan pejabat pemerintah selama beberapa hari menutup satu tahun aksi Korut, ketika negara terisolasi itu menembakkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM).

Ketegangan baru meletus pada Senin ketika lima pesawat tak berawak Korut melintas ke Korea Selatan, mendorong Seoul untuk mengerahkan jet tempur dan menyerang beberapa helikopter, serta melepaskan tembakan untuk mencoba menembak jatuh mereka.

Kim juga menghadapi tantangan ekonomi yang kian meningkat di tengah sanksi internasional atas program senjatanya, dampak dari kebijakan penguncian untuk membatasi virus corona dan juga bencana alam.

Dalam rapat tersebut, para peserta menyepakati lima poin agenda besar, termasuk peninjauan ulang implementasi sejumlah kebijakan utama dan anggaran pada 2022, serta rencana kerja dan RAPBN untuk 2023.

Kim mempresentasikan laporan rinci tentang bagaimana kekuatan negara itu telah “meningkat secara luar biasa di semua bidang politik, militer, ekonomi dan budaya,” kata KCNA.

“Keberhasilan serta kemajuan juga telah dibuat dalam melaksanakan tugas-tugas yang sangat besar… melalui perjuangan berat dan sengit yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini,” menurut KCNA lebih lanjut.

“Dia menekankan perlunya kebijakan perjuangan yang lebih menggairahkan dan percaya diri berdasarkan fakta-fakta berharga yang mencapai kemajuan praktis sembari menghadapi semua kesulitan.”

Laporan itu menetapkan tujuan utama untuk 2023 di beberapa sektor penting, termasuk logam, kimia, listrik, konstruksi, pertanian, dan industri ringan, tambahnya.

Media pemerintah Korut sebelumnya merilis pidato pemimpinnya pada Hari Tahun Baru, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, Kim telah mengadakan pertemuan partai di akhir tahun untuk membuat pengumuman kebijakan besar.

Sumber: Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!