Kementerian LHK bagi-bagi bibit tanaman di Sail Tidore 2022

Kementerian LHK bagi-bagi bibit tanaman di Sail Tidore 2022

tribunwarta.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membagikan bibit tanaman secara gratis kepadapengunjung Sail Tidore 2022.

“Kebutuhan bibit di sini masih tinggi karena masyarakat punya kebun. MalukuUtara ini komoditasperkebunannyatinggi seperti pala, cengkih, kenari dan masih banyak lagi” kata StafBalai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ake Malamo, Mustofa Ali saat ditemui di Maluku Utara, Senin.

Mustofa menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan UPT Kementerian LHK dalam misi pelestarian lingkungan dan meningkat kesejahteraan masyarakat melalui penanaman bibit tumbuhan.

Menurut dia, sampai saat ini warga Maluku Utara dan sekitarnya memiliki minat dalam menanam tumbuhan berbahan pangan yang menghasilkan seperti buah maupun sayuran.

Terkait hal itu, pihaknya membagikan secara gratis dan tidak dijual sebanyak 2.966 bibit. Ribuanbibit tersebut terdiri dari durian montong, mangga arum manis dan rambutan.

“Ini memang murni bantuan jadi tak bisa diperjualbelikan. Syaratnya hanya membawa KTP yang nanti satu KTP dapat bibit gratis,” katanya.

Mustofa menegaskan, pihaknya berupaya untuk merangkul masyarakat agar lebih mencintai alam dengan menanam bibir dan bisa langsung merasakan manfaatnya.

Dia mengaku senang masyarakat antusias dalam Sail Tidore 2022 yang diselenggarakan di Pantai Tugulufa.

“Antusias dari masyarakat mulai dari hari pembukaan sampai dengan hari ini ramai, bahkan ini adalah stok bibit terakhir yang rencananya empat hari tapi dua hari sudah habis,” katanya.

Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia yang dimotori Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Tidore dipilih karena pada era lampau dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah di mata dunia. Kegiatan ini jugauntuk mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa daerah tersebut merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!