Kecil-kecil Cabai Rawit, Sektor Ini Justru Topang Ekonomi RI

Kecil-kecil Cabai Rawit, Sektor Ini Justru Topang Ekonomi RI

tribunwarta.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid mengungkapkan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran luar biasa bagi perekonomian Indonesia.

“Tentu kita semua menyadari UMKM punya peran luas dalam perekonomian Indonesia. Kontribusi UMKM merupakan yang terbesar pada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia,” kata Arsjad Rasjid saat Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN Indonesia di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

“Namun, saat ini UMKM masih memiliki tantangan dan harus kita hadapi bersama. Dan ini lah yg menjadi salah satu fokus KADIN Indonesia di tahun 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arsjad menyampaikan bahwa KADIN Indonesia telah melakukan berbagai program kerja untuk membantu UMKM Indonesia agar bisa naik kelas.

“Sejauh ini KADIN telah melakukan berbagai program kerja untuk membantu UMKM naik kelas yang sejalan dengan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM, yang diluncurkan Bapak Presiden Jokowi Oktober lalu,” jelas Arsjad.

“Salah satu contoh dari program kerja yang tengah dijalankan KADIN untuk membantu UMKM naik kelas, yaitu wikiwirausaha.id, sebuah platform digital bagi UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, dan pembiayaan. Kadin juga terus mendorong pelaku usaha untuk menerapkan bentuk kemitraan inklusif closed loop. Sebuah kolaborasi multi stakeholder yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dari perusahaan besar ke perusahaan kecil,” pungkas Arsjad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!