Jack Ma Bersembunyi di Jepang, Ini Sosok Yang Membocorkan

Jack Ma Bersembunyi di Jepang, Ini Sosok Yang Membocorkan

tribunwarta.com – Pendiri Alibaba, Jack Ma ternyata sudah lama bersembunyi di Tokyo, Jepang. Dilaporkan, Jack Ma telah berada di Jepang selama kurang lebih setengah tahun bersama keluarganya. Sebelumnya, laki-laki berusia 58 tahun ini sempat terlihat di Hong Kong, Belanda, hingga Spanyol.

Diketahui, sosok yang memiliki total kekayaan sebesar US$23,3 miliar atau sekitar Rp357 miliar (asumsi kurs Rp15.428) menurut Forbes ini sudah sangat jarang terlihat atau pun berbicara di publik sejak mengkritik sistem keuangan China pada akhir 2020 lalu.

Dilansir dari Financial Times, selama enam bulan di Jepang, orang terkaya nomor lima di China ini terlihat bersenang-senang main ski, mandi air panas, atau bepergian secara rutin ke Amerika Serikat dan Israel. Disebutkan, pendiri perusahaan e-commerce terbesar di China ini senang bergaul dengan sekelompok orang di Ginza dan Marunouchi.

Selain itu, sosok yang membawa koki dan staf keamanan pribadinya selama berada di Jepang juga menjadi kolektor barang seni dan melukis. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Softbank sekaligus teman akrab Jack Ma, Masayoshi Son.

“Jack Ma suka menggambar dan telah mengirim saya beberapa gambar,” ungkap Son.

Dikutip dari laporan CNBC Indonesia, Jack Ma dilaporkan telah ‘menghilang’ sejak November 2020 usai mengkritik kebijakan Pemerintah China. Ma menilai bahwa pemerintah terlalu berhati-hati dan memprioritaskan manajemen risiko yang membuat inovasi menjadi berkurang.

Selain itu, Ma juga menyebutkan bahwa aturan perbankan China merupakan ‘klub orang tua’. Akibat kritikan tersebut, induk usaha Alipay, Ant Group gagal melantai di bursa dan bursa Hong Kong mengumumkan penghentian sementara IPO Ant Group.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!