Hubungan Memanas, ‘Kantor Polisi’ China Bikin Kanada Sewot

Hubungan Memanas, ‘Kantor Polisi’ China Bikin Kanada Sewot

tribunwarta.com – Kanada telah memanggil duta besar Beijing menyusul laporan tentang jaringan ‘kantor polisi’ China ilegal di negara itu. Ottawa siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika China menolak untuk berhenti dari kegiatan yang dituduhkan.

Berbicara kepada komite Kanada-Tiongkok pada Selasa malam, Weldon Epp, direktur jenderal Asia Utara untuk kementerian luar negeri Kanada, mengatakan mengetahui beberapa keterlibatan oleh pemerintah federal dengan China, termasuk berulang kali memanggil duta besar, Cong Peiwu.

“Kami telah melakukan beberapa perjanjian… dan kami telah menyampaikan keprihatinan kami yang mendalam,” kata Epp, mengutip The Guardian, Jumat (2/12/2022).

Epp menanggapi pertanyaan dari Raquel Dancho, menteri bayangan keselamatan publik Konservatif yang mengangkat masalah tersebut selama sidang komite menyusul laporan media sebelumnya.

Dalam sebuah laporan dari Oktober, LSM Safeguard Defenders yang berbasis di Madrid merinci 54 dugaan kantor polisi China di seluruh dunia, mendorong pihak berwenang di sejumlah negara, termasuk Jerman, Belanda, dan Kanada, untuk meluncurkan penyelidikan polisi.

Anggota parlemen konservatif sebelumnya telah meminta pemerintah federal untuk memanggil duta besar China untuk langkah politik dan untuk meninjau kredensial para diplomat.

“Pemerintah Kanada secara resmi bersikeras bahwa pemerintah China mempertimbangkan … untuk setiap kegiatan di Kanada, yang berada di luar Konvensi Wina,” kata Epp, menambahkan ada kemungkinan lebih banyak pertemuan “tergantung pada bagaimana (China) menanggapi”.

Dia memberi tahu Dancho bahwa dia tidak dapat menjawab jika Ottawa telah mengusir para diplomat.

Kedutaan Besar China di Kanada sebelumnya mengakui tiga alamat yang ditandai oleh Safeguard Defenders, tetapi mengatakan mereka hanyalah “stasiun layanan” di Kanada untuk membantu warga negara China memproses dokumen dan mendapatkan SIM China. Kedutaan mengatakan para relawan “tidak terlibat dalam investigasi kriminal atau kegiatan yang relevan”.

Konvensi Wina tentang Hubungan Konsuler menempatkan layanan konsuler dan administrasi, seperti memperbarui SIM, di bawah lingkup kedutaan dan konsulat. Ini melarang diplomat mencampuri urusan dalam negeri negara tuan rumah.

Beijing juga sebelumnya dituduh berusaha ikut campur dalam pemilihan federal Kanada 2019, sebagian mendanai kampanye setidaknya 11 kandidat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!