“Fit and Proper Test” Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Digelar Besok

“Fit and Proper Test” Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Digelar Besok

tribunwarta.com – Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkapkan, fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tunggal Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono akan digelar besok siang.

“Ya, besok pukul 13.30 WIB,” ujar Meutya saat dimintai konfirmasi, Kamis (1/12/2022).

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI-P TB Hasanuddin mengatakan, rangkaian fit and proper test Yudo dimulai sejak pukul 10.00 WIB dengan verifikasi data pribadi Yudo terlebih dulu.

“Dan itu cukup oleh pimpinan Komisi I plus perwakilan dari fraksi-fraksi sampai dengan selesai. Lalu jeda, shalat Jumat. Pada pukul 13.30 WIB kita akan mulai dengan fit and proper test,” tuturnya.

Saat fit and proper test digelar, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu memiliki waktu 30 menit untuk melakukan pemaparan.

Selanjutnya, perwakilan dari fraksi masing-masing melempar pertanyaan mendalam selama 7 menit.

Yudo memiliki waktu 20 menit untuk menjawab pertanyaan dari anggota Komisi I DPR.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan nama calon panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Sosok tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut, yang menjabat KSAL saat ini,” ujar Puan dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Puan mengatakan, Yudo diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan panglima TNI yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!