Fenomena Solstis Bikin Khawatir, BMKG Imbau Masyarakat Tidak Perlu Panik

Fenomena Solstis Bikin Khawatir, BMKG Imbau Masyarakat Tidak Perlu Panik

tribunwarta.com – Pengguna media sosial dihebohkan oleh beredarnya kabar mengenai bahaya fenomena Solstis hingga meminta agar masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah hari ini, Rabu, 21 Desember 2022.

Berbanding terbalik dengan kabar itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) justru meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir soal fenomena Solstis .

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Solstis merupakan fenomena astronomi biasa yaitu titik balik dari matahari, baik di utara maupun bagian selatan bumi.

Guswanto menyebut, bahwa kabar soal imbauan untuk masyarakat agar tidak keluar rumah ketika terjadi fenomena Solstis adalah kabar yang tidak benar alias hoaks.

“..Dan itu tidak seperti yang dikatakan, berdampak muncul tsunami dan lain sebagainya itu tidak,” katanya.

“Jadi, tidak terlalu memberikan dampak kepada kita secara langsung, karena dia itu hanya sebatas gerak semu ya tahunannya, dia nanti ada bulan Juni, ada bulan Desember, walaupun ada yang mengatakan, besok ada tanggal 21 itu akan terjadi,” ujarnya.

Sebelumnya, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) telah menjelaskan mengenai fenomena Solstis tersebut.

Secara umum, solstis berdampak pada gerak semu harian Matahari ketika terbit, berkulminasi dan terbenam, intensitas radiasi Matahari yang diterima permukaan Bumi, kemudian berdampak pada panjang siang dan panjang malam, serta berdampak ke pergantian musim,” ucapnya via Twitter @LAPAN_RI.

Fenomena Solstis tersebut tidak memiliki dampak yang ekstrem, seperti kabar yang beredar di berbagai media sosial.

Dampak solstis yang dirasakan oleh manusia tentu tidak seekstrem yang dinarasikan seperti pada imbauan yang disinformatif dan menyesatkan,” katanya.

Sekalipun di hari terjadi solstis ini terjadi letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami maupun banjir rob, fenomena-fenomena tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan solstis, dikarenakan solstis merupakan fenomena murni astronomis yang juga dapat memengaruhi iklim dan musim di bumi,” tuturnya.

Adapun, fenomena Solstis diprediksi terjadi pada 22 Desember 2022, pukul 21.57 WIB, bukan pada hari ini seperti apa yang telah dinarasikan oleh kabar yang tersebar di media sosial.

Solstis Juni terjadi pada 21 Juni pukul 16.13.19 WIB/ 17.13.19 WITA/ 18.13.19 WIT, Solstis Desember terjadi pada 22 Desember pukul 04.49.14 WIB/ 05.49.14 WITA/ 06.49.14 WIT,” katanya.

Nantinya, fenomena Solstis juga akan terjadi pada Juni dan Desember 2023 mendatang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!