Erupsi Gunung Semeru Disebut Memicu Tsunami di Jepang, PVMBG Beri Klarifikasi

Erupsi Gunung Semeru Disebut Memicu Tsunami di Jepang, PVMBG Beri Klarifikasi

tribunwarta.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ) mengklarifikasi kabar terkait potensi tsunami di wilayah Jepang imbas erupsi Gunung Semeru .

PVMBG menegaskan erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, 4 Desember 2022 tidak menyebabkan tsunami .

PVMBG menjelaskan, dampak erupsi Gunung Semeru adalah mengeluarkan abu vulkanik yang mengarah bagian barat daya, barat dan selatan gunung api itu.

Sementara awan panas Gunung Semeru ke arah tenggara kurang lebih sejauh 13 kilometer dan tidak sampai menuju laut.

“Kabar yang beredar bahwa erupsi Gunung Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah tidak benar,” ujar keterangan PVMBG .

“Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang berdampak bagian barat daya, barat, dan selatan gunung api Semeru. Awan panas menjangkau kurang lebih 13 km ke arah tenggara dan tidak sampai laut,” demikian keterangan PVMBG , Minggu, 4 Desember 2022.

Sebelumnya, Japan Meteorological Agency (JMA) mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 berpotensi memicu Tsunami di Jepang.

JMA menyebut gelombang tsunami dapat mencapai dua wilayah di Okinawa. Kedua wilayah itu yakni Miyakojima dan Yaeyama.

Belakangan JMA mencabut pernyataan soal ancaman terjadinya tsunami imbas erupsi Gunung Semeru . Pengumuman tersebut disampaikan setelah dilakukan pemantauan di titik pengamatan di wilayah Jepang.

“Sekitar pukul 11:18 tanggal 4 Desember 2020 (waktu Jepang), terjadi letusan besar-besaran di Gunung Api Semeru (Indonesia). Saat ini, tidak ada perubahan pasang surut yang signifikan yang diamati di titik pengamatan di Jepang dan luar negeri,” bunyi keterangan JMA, dikutip pada Minggu, 4 Desember 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!