Enggak Setiap Sudut Ada, Ini Jumlah SPBU di Tiap Provinsi

Enggak Setiap Sudut Ada, Ini Jumlah SPBU di Tiap Provinsi

tribunwarta.comJakarta, CNBC IndonesiaStasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pastinya begitu penting bagi masyarakat Indonesia. Sebab, BBM merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Desa maupun Kota baik sebagai rumah tangga maupun sebagai pengusaha, demikian juga BBM sangat penting bagi sektor industri maupun transportasi.

Lalu, berapa sih sebenarnya jumlah SPBU di Indonesia? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, terdapat 6.729 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia hingga 20 April 2022.

Dari jumlah tersebut, SPBU paling banyak berada di Jawa Barat, yakni 1.107 unit. Posisi kedua ditempati Jawa Timur dengan 936 SPBU. Kemudian, ada 740 SPBU yang berlokasi di Jawa Tengah. Sebanyak 379 SPBU berlokasi di Sumatera Utara.

Ada pula SPBU yang berada di Banten dan Sulawesi Selatan masing-masing sebanyak 263 unit dan 227 unit. Sementara itu, Sulawesi Barat menjadi provinsi dengan SPBU paling sedikit, yakni 26 unit.

Di atasnya ada Gorontalo dan Kalimantan Utara yang sama-sama memiliki 31 SPBU. Berdasarkan pulau, Jawa memiliki SPBU terbanyak, yakni 3.434 unit.

Sedangkan, Maluku menjadi pulau dengan SPBU paling sedikit di Indonesia, yakni 139 unit. Lebih lanjut, PT Pertamina (Persero) memiliki 6.554 SPBU di seluruh Indonesia.

PT Shell Indonesia tercatat punya 79 SPBU di dalam negeri. Lalu, ada 78 SPBU yang dimiliki oleh PT AKR Corporindo Tbk. Sedangkan, 18 SPBU dimiliki oleh PT Total Oil Indonesia yang kini sudah beralih kepemilikannya ke PT Vivo Energy Indonesia.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!