Dulu Pelabuhan Bobrok, Luhut Kini Klaim Dwelling Time 2 Hari

Dulu Pelabuhan Bobrok, Luhut Kini Klaim Dwelling Time 2 Hari

tribunwarta.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan bahwa Indonesia patut bangga karena sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 20 besar negara dengan performa pelabuhan terbaik.

Hal itu tercermin dari berdasarkan median waktu tunggu kapal kontainer yang mencapai 24,9 jam. Luhut bahkan klaim dwelling time atau bongkar muat di pelabuhan sudah sekitar 2 hari. Catatan Kemenhub, dahulu Dwelling time pada pelabuhan utama di Indonesia seperti Pelabuhan Tanjung Priok sepanjang tahun 2011 – 2012, masih pada kisaran 4 – 7 hari.

“Kita patut bangga bahwa Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam 20 besar negara perekonomian yang baik, berdasarkan median waktu tunggu kapal kontainer mencapai 24,9 jam,” kata Luhut dalam acara Green Port Awarding 2022, Rabu (28/12/2022).

Luhut menyampaikan bahwa posisi Indonesia saat ini, dalam hal performa pelabuhan, berada dia atas beberapa negara maju lainnya, seperti Italia, Perancis, Yunani, Jerman, Amerika Serikat, Rusia, Australia dan Kanada.

Capaian tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari kerja keras bersama para pemangku kepentingan dan kementerian/lembaga. Ia pun mengapresiasi kerja keras yang dilakukan Kementerian Perhubungan, Pelindo, serta para pemangku kepentingan lainnya.

“Saya masih ingat enam tahun yang lalu kita masih ribut dengan dwelling time 1 minggu. Sekarang kita sudah bisa 2-2,5 hari,” ujarnya.

Ia pun menyebut capaian tersebut merupakan hasil dari digitalisasi pelabuhan yang gencar didorong oleh pemerintah belakangan ini.

Digitalisasi pada sektor pelabuhan dinilainya telah mampu mendorong efisiensi sehingga bisa meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi sebanyak mungkin peluang korupsi.

“Perkembangan konektivitas dan digitalisasi pelabuhan di Indonesia telah berada di jalur yang tepat. Saya senang sekali, bangga melihat teman-teman di Perhubungan, Pelindo, dan semua, kita sejalan. Ayo kita terus tingkatkan ini, jangan pernah kita kendor karena saya terus terang sangat bangga kalau ini jadi,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!