Dicecar Jaksa, Bharada E Tetap Yakin Ferdy Sambo Pakai Sarung Tangan saat Tembak Yosua

Dicecar Jaksa, Bharada E Tetap Yakin Ferdy Sambo Pakai Sarung Tangan saat Tembak Yosua

tribunwarta.com – Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Richard Eliezer ( Bharada E ), tetap menyatakan mantan atasannya, Ferdy Sambo , mengenakan sarung tangan sebelum menghabisi ajudannya.

Richard tetap tidak mengubah keterangannya meski jaksa penuntut umum beberapa kali menanyakan apakah dia benar-benar melihat Sambo mengenakan sarung tangan sebelum menembak Yosua.

“Pastikan juga, apakah saudara melihat saudara FS setelah saudara turun, apakah yang saudara lihat waktu itu?” tanya jaksa Sugeng Hariadi dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2023).

Agenda sidang hari ini adalah pemeriksaan Richard sebagai terdakwa. Pekan depan dia akan menjalani sidang tuntutan terhadap perkara itu.

Richard mengatakan dia sangat yakin melihat Ferdy Sambo sudah menggunakan sarung tangan warna hitam saat berada di dalam rumah dinas di Kompleks Polri, Jalan Duren Tiga Utara I nomor 46, Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2022.

Menurut Richard, saat dia turun dari lantai 2 rumah sebelum diperintahkan menembak Yosua, dia melihat Sambo sudah mengenakan sarung tangan warna hitam.

“Saya lihat Pak FS Pak. Waktu saya turun tangga, saya ketemu sama Pak FS. Pada waktu itu sudah menggunakan sarung tangan Bapak,” kata Richard.

Jaksa Sugeng lantas mencoba memastikan ingatan Richard terkait sarung tangan Ferdy Sambo. Dia kemudian memasang masker berwarna hitam di tangan kanannya dan menguji keterangan Richard.

“Apakah sarung tangannya seperti ini?” tanya jaksa.

“Tidak Bapak,” jawab Eliezer.

“Atau masker?” kata Jaksa Sugeng.

“Tidak Bapak, sarung tangan Bapak,” ucap Eliezer.

“Sarung tangan, seperti ini?” kata Jaksa Sugeng Hariadi sambil membentangkan tangan dengan masker di pergelangan tangan.

“Itu masker Bapak,” kata Eliezer.

“Masker, saya ulangi lagi, seperti ini atau masker?” tanya Jaksa Sugeng Hariadi.

“Itu masker Bapak kalau yang seperti itu,” jawab Eliezer.

“Nah, saya pingin melihat bagaimana ketajaman penglihatan saudara,” ucap Jaksa Sugeng.

Dalam persidangan sebelumnya, kedua terdakwa lain yakni Bripka Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma’ruf menyatakan tidak melihat Ferdy Sambo mengenakan sarung tangan hitam sebelum menembak Yosua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!