BPBD Babel salurkan bantuan kepada korban bencana di Cianjur

BPBD Babel salurkan bantuan kepada korban bencana di Cianjur

tribunwarta.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan kepada para korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

“Sebelumnya kami telah melakukan penggalangan dana yang dihimpun dari para pegawai di lingkungan Pemprov Babel dan setelah terkumpul kami disalurkan langsung kepada warga korban,”kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, untuk peristiwa bencana alam kali ini BPBD tidak mengutus tim khusus untuk datang langsung ke Cianjur karena lokasi itu berada di Provinsi Jawa Barat dan berdekatan dengan kota dan kabupaten lain di sekitarnya.

Namun, meskipun tidak mengirim tim khusus ke lokasi, pihaknya tetap melakukan penggalangan dana dan bantuan kemanusiaan yang diharapkan bisa meringankan beban para korban.

“Kemarin kita sudah menggalang dana dari kawan-kawan pegawai di lingkungan Pemprov Babel dan kita berikan langsung kepada korban. Warga korban di sana mulai jenuh dengan makanan instan, mereka memilih makanan yang di masak sendiri, jadi dari dana ini bisa dibelikan sembako dan lainnya kemudian kita salurkan,” katanya.

Mikron menambahkan, pada saat dirinya dan tim menyalurkan bantuan langsung ke lokasi, kondisinya memang menyedihkan, banyak bangunan hancur meninggalkan puing-puing saja.

“Saya pribadi sedih melihat kondisi Cianjur saat ini. Walaupun sudah ada edaran dari BMKG sudah aman tapi mereka tetap berjaga-jaga khawatir masih terjadi gempa susulan, mereka tetap berada di tenda-tenda pengungsian,” katanya.

Berdasarkan data sementara dari BNPB, korban luka sebanyak 2.043 orang, pengungsi 61.908 orang, sedangkan rumah warga yang rusak terinci rusak berat 22.241 unit, rusak sedang 11.641 unit dan rusak ringan 22.090 unit.

Fasilitas umum lainnya yang terdampak, antara lain 31 unit sekolah, 124 tempat ibadah, tiga fasilitas kesehatan, dan 13 gedung perkantoran.

Mikron mengajak masyarakat ikut mendoakan warga korban agar diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi bencana, dan dapat bangkit kembali tetap semangat menjalani kehidupan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!