Bangka Tengah raih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM

Bangka Tengah raih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM

tribunwarta.com – Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM untuk penilaian pada 2022.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang menerima langsung penghargaan itu di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Senin, mengatakan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin sebagaibentuk komitmen pemerintah dalam menjunjung tinggi ‘human right‘.

“Bangka Tengah sudah enam kali meraih penghargaan ini sebagai bukti kita sangat menghormati dan menjunjung tinggi HAM,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat menjunjung tinggi HAM dengan selalu melakukan hubungan baik dengan semua etnis yang ada di Bangka Tengah.

“Kita selalu berkomitmen dan bersinergi membangun budaya, norma kehidupan dan selalu menjunjung tinggi hak asasi manusia,” ujarnya.

Ia mengatakan, Bangka Tengah dinobatkan sebagai peraih penghargaan HAM karena juga selalu menjaga hak anak, melindungi wanita dan disabilitas.

“Ketiga unsur ini selalu kita berikan tempat yang layak, representatif dan aman bagi seluruhmasyarakat Bangka Tengah,” ujarnya.

Menurut bupati, penghargaan itu bukan buat pemerintah daerah berjumawa tetapi menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan, rasa aman, tenang dan damai bagi seluruh masyarakat.

“Kita juga sangat menghormati keberagaman dan pluralisme dalam bingkai persatuan dan kesatuan, dimana perbedaan menjadi kekuatan kita untuk terus melangkah bersama dan bersikap konstruktif,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat Bangka Tengah selalu hidup harmonis dan rukun dalam berdampingan dengan agama lain.

“Setiap persoalan agama selalu diselesaikan dengan bijak, tanpa harus menghujat dan mencerca sesama warga,” ujarnya.

Ia mengatakan, persoalan HAM di Bangka Tengah tidak pernah terjadi karena potensinya sudah diredam dan diselesaikan dengan baik.

“Ini penghargaan yang sudah beberapa kali diraih Pemkab Bangka Tengah dan tentu didedikasikan untuk seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!