ASO Tahap 2: Siaran TV Analog di Bandung, Solo, Semarang, dan Batam Dimatikan Hari Ini, Catat Waktunya

ASO Tahap 2: Siaran TV Analog di Bandung, Solo, Semarang, dan Batam Dimatikan Hari Ini, Catat Waktunya

tribunwarta.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menghentikan siaran televisi analog atau analog switfh off ( ASO ) tahap dua pada Jumat 2 Desember 2022 pukul 24.00 WIB.

Setelah menghentikan siaran TV analog di Jabodetabek pada 2 November, kini giliran sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kepualauan Riau yang akan beralih ke TV digital .

“Lembaga penyiaran swasta dan pemangku kepentingan lainnya sudah menetapkan tanggal untuk penghentian siaran analog, 2 Desember jam 24.00,” kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia, Kamis.

Siaran TV analog yang akan dimatikan pada 2 Desember 2022 di antaranya meliputi wilayah Bandung dan sekitarnya, Yogyakarta dan Solo dan sekitarnya, Semarang dan sekitarnya, serta Batam dan sekitarnya.

Menurut Geryantika, Penerapan ASO pada 2 Desember di Batam dilakukan karena terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura dalam rangka untuk menghindari perselisihan dengan negara tetangga akibat interferensi spektrum frekuensi radio.

Sejak 2019, Singapura dan Malaysia sudah menerapkan ASO dan mengadakan siaran digital.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah stasiun televisi terbanyak, terdapat 696 stasiun televisi yang mengudara tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Saat ini, Indonesia memiliki 225 wilayah siaran, 132 di antaranya sudah mendapatkan siaran digital. Dalam satu wilayah siaran digital tersebut, mampu melayani beberapa kota dan kabupaten.

Dari ratusan wilayah yang sudah ada siaran digital, sebanyak 103 di antaranya adalah wilayah yang tidak mendapatkan siaran analog sebelumnya, sehingga wilayah tersebut langsung mendapatkan siaran digital.

Geryantika mengatakan masih tersisa 93 wilayah siaran yang akan melakukan ASO dan menyiarkan siaran digital.

Berikut daftar wilayah yang akan segera dimatikan siaran TV analognya pada 2 Desember 2022 pukul 24.00:

– Jawa Barat-1: Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi

– Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya, Yogyakarta dan Solo dan sekitarnya

– Kepulauan Riau-1: Batam dan sekitarnya***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!