Aparat Kecamatan Pancoran tangkap pemulung dan pengamen

Aparat Kecamatan Pancoran tangkap pemulung dan pengamen

tribunwarta.com – Aparat Kecamatan Pancoran(Jakarta Selatan) menangkap sejumlah pemulung dan pengamen saat operasi yustisi terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah tersebut.

“Yang sudah kami jangkau dan amankan ada empat orang, yaitu tiga pemulung dan satu pengamen” kata Wakil Camat Pancoran Euis Saadah Hernawati di Jakarta, Senin.

Dalam operasi ini,Euis mengajak tiga pilar, yaitu Polsek, Koramil, Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Operasi dimulai dengan apeldi Kecamatan Pancoran, kemudian tim bergerak ke jalan layang (flyover) Jalan Kalibata menyisir hingga ke Jalan Guru Amin. Lanjutke Duren Tiga kemudian Basmar hingga Jalan Buncit Raya diMampang Prapatan.

PMKSyang ditangkap selanjutnya dibawa ke panti sosial yang ada di Kedoya guna mendapatkan pembinaan sehingga tidak lagi kembali ke jalan.

“Tentunya kita juga ini nanti ada binaan dari panti terhadap PMKS tersebut supaya tidak kembali ke jalan,” kata Euis.

Baca juga:

Pihaknya akan melakukan operasi ini secara rutin mengajak Polsek, Koramil, Satpol PP dan P3S dengan tujuan tidak muncul lagi PMKS di wilayah tersebut.

PMKSadalah perseorangan, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani maupun sosial.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 mencatat ada 603 PMKS di Jakarta Selatan (Jaksel) dengan rincian anak terlantar 15 jiwa, anak jalanan (134), lanjut usia terlantar (77), penyandang disabilitas(173), tuna susila (1), gelandangan (163) dan pengemis 40 jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!