AHY: Pembangunan Infrastruktur Penting, tapi SDM Kunci Transformasi Ekonomi

AHY: Pembangunan Infrastruktur Penting, tapi SDM Kunci Transformasi Ekonomi

tribunwarta.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) bicara mengenai pentingnya pembangunan sumberdaya manusia ( SDM ).

Menurut AHY SDM berperan penting dan menjadi kunci di dalam transformasi ekonomi. Menurut dia pembangunan infrastruktur penting, tetapi SDM juga harus diperhatikan.

Demikian disampaikan AHY saat diskusi bersama jajaran akademisi di Australian National University (ANU), Monash University dan University of Melbourne, dalam lawatannya ke Australia .

“Kunci transformasi ekonomi terletak pada pembangunan kualitas SDM yang memadai, agar produktivitas dan daya saing bangsa kita semakin tinggi,” katanya dalam keterangan resmi, yang diterima di Jakarta, Minggu, 4 Desember 2022.

Pada kesempatan itu, AHY juga bicara mengenai tren kemunduran demokrasi. Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga demokrasi supaya tidak digerogoti oleh politik uang, politik identitas, dan post-truth politic.

“Ada tren kemunduran demokrasi yang harus kita sikapi bersama,” katanya.

Lebih jauh, AHY juga berharap persahabatan di antara kedua negara Indonesia – Australia ke depannya semakin erat.

Hal itu bisa dicapai melalui diplomasi antarperorangan melalui kerja sama pendidikan dan penelitian yang produktif bagi pembangunan ke depan.

Dalam pandangannya, second-track diplomacy ini seringkali menjadi cara yang efektif untuk menguatkan hubungan bilateral Indonesia – Australia ke depan.

AHY juga menjelaskan arti penting hubungan Indonesia – Australia . Isu-isu global harus dihadapi bersama, serta sejumlah isu-isu demokrasi, baik di tataran global maupun di Tanah Air.

“Melalui people to people diplomacy, melalui kerja sama pendidikan dan penelitian yang produktif bagi pembangunan ke depan,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!