Wakil PM China bertemu PM Uzbekistan

Wakil PM China bertemu PM Uzbekistan

tribunwarta.com – Wakil Perdana Menteri (PM) China Hu Chunhua bertemu PM Uzbekistan Abdulla Aripovdi Tashkent, Ibu Kota Uzbekistan,Jumat (9/12).

Hu menyampaikan salam hangat dari Presiden China Xi Jinping kepada Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev. Dia juga menginformasikan kepada Aripov tentang pencapaian besar dan signifikansi jangka panjang dari Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China (CPC).

Presiden China dan presiden Uzbekistan telah dua kali bertemu di tahun 2022 serta mencapai konsensus luas untuk memperdalam kerja sama bilateral dan memetakan arah pembangunan kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara, jelas Hu.

Hu mengatakanChina siap bekerja sama dengan Uzbekistan untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, memperkuat kerja sama saling menguntungkan, dan berbagi peluang pembangunan.

China juga siap bekerja sama dengan Uzbekistan dalam mengimplementasikan visi komunitas China-Uzbekistan dengan masa depan bersama, meningkatkan dukungan yang kuat untuk satu sama lain, memperkuat penyelarasan strategi pembangunan antara kedua negara, serta memperluas kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi bilateral.

Negeri tirai bambu itu berkomitmen pula untuk mencapai kemajuan solid dalam membangun konektivitas, meningkatkan koridor transportasi lintas benua Eurasia, semakin memperkuat kerja sama di sektor energi, serta memanfaatkan potensi kerja sama di sektor pertanian.

Sementara itu, Aripov mengatakan hubungan persahabatan yang didukung dengan sikap saling percaya oleh kedua kepala negara memainkan peran penting dalam mendorong kerja sama bilateral saling menguntungkan.

Uzbekistan menghormati prinsip Satu China dan bersedia memperdalam kerja sama di sejumlah bidang, seperti perdagangan, investasi, transportasi, energi, infrastruktur, kebudayaan, serta pertukaran antarmasyarakat dan antardaerah.

Selain itu, tambah Airpov,Uzbekistan bersedia memajukan proyek kereta api China-Kirgiztan-Uzbekistan dan konektivitas lainnya untuk memberikan manfaat bagi rakyat di kedua negara dan kawasan.

Turut hadir pula dalam pertemuan itu ialahWakil PM sekaligus Menteri Investasi dan Perdagangan Luar Negeri Uzbekistan Jamshid Khodjayev.

Pada hari yang sama, Hu juga bertemu dengan Wakil PM sekaligus Menteri Pembangunan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan Uzbekistan Jamshid Kuchkarov, untuk. bertukar pandangan tentang kerja sama pengentasan kemiskinan dan bidang-bidang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!