Rangkuman Hari ke-283 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Penembakan di Kherson | Paket Berdarah Kedutaan Ukraina

Rangkuman Hari ke-283 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Penembakan di Kherson | Paket Berdarah Kedutaan Ukraina

tribunwarta.com – Berikut rangkuman hari ke-283 serangan Rusia ke Ukraina . Ada kabar situasi penembakan di Kherson, dan paket berdarah berisi mata binatang di sejumlah kedubes Ukraina.

Semua kejadian terjadi pada Sabtu (3/12/2022), saat perang makin berlarut-larut dan tak jelas ujung pangkalnya.

Dilansir dari Al Jazeera, berikut poin-poin selengkapnya.

Situasi Perang

– Tiga orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka dalam penembakan Rusia di wilayah Kherson selama 24 jam terakhir. Ibu kota daerah Kherson direbut kembali pada pertengahan November dan bagian lain dari wilayah itu dibombardir 42 kali dalam periode yang sama, kata Gubernur Yaroslav Yanushevych.

– Pejabat yang dipasang Rusia di Donetsk mengatakan tiga orang tewas setelah pasukan Ukraina menembaki kota Ukraina timur.

Diplomasi

– Presiden AS Joe Biden tidak berniat untuk berbicara dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, tentang mengakhiri perang Ukraina karena kondisi untuk diskusi semacam itu saat ini tidak ada, kata Gedung Putih.

– Kelompok Tujuh dan Australia menyepakati batas harga 60 dollar AS per barel untuk minyak mentah lintas laut Rusia setelah anggota Uni Eropa mengatasi perlawanan dari Polandia dan menuntaskan kesepakatan.

– Ketua komite urusan luar negeri majelis rendah Rusia, Leonid Slutsky, mengatakan UE membahayakan keamanan energinya sendiri dengan pembatasan tersebut.

– Putin mengatakan kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz melalui panggilan telepon bahwa tindakan Barat di Ukraina merusak dan mendesak Berlin untuk memikirkan kembali pendekatannya.

– Scholz mendesak Putin untuk menemukan solusi diplomatik untuk perang secepat mungkin, termasuk penarikan pasukan Rusia.

– Beberapa kedutaan Ukraina telah menerima “paket berdarah” yang berisi mata binatang, kata kementerian luar negeri setelah serangkaian bom surat dikirim ke lokasi di Spanyol, termasuk kedutaan Ukraina di Madrid.

– Kementerian luar negeri Rusia mengatakan marah dengan pernyataan dari kementerian luar negeri Perancis yang mendukung rencana untuk membentuk pengadilan atas kemungkinan kejahatan yang dilakukan oleh Rusia di Ukraina.

– Jerman sedang mempersiapkan pengiriman tujuh tank Gepard ke Ukraina, menambah 30 tank pertahanan udara yang sudah digunakan untuk melawan tentara Rusia.

Ekonomi

– Perekonomian Rusia akan menyusut 2,5 persen tahun depan, di atas kontraksi 3 persen pada tahun 2022, dengan inflasi yang sangat tinggi sehingga bank sentral hanya memiliki ruang terbatas untuk memangkas suku bunga.

– Ekspor biji-bijian Ukraina sejauh ini pada musim 2022/2023 turun 29,6 persen dari tahap yang sama tahun sebelumnya menjadi 18,1 juta ton setelah blokade enam bulan akibat invasi Rusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!