Menhan Rusia: Persekutuan Moskwa-Belarus Spesial

Menhan Rusia: Persekutuan Moskwa-Belarus Spesial

tribunwarta.com

MINSK, KOMPAS.com – Hubungan persekutuan antara Rusia dan Belarus memiliki arti spesial di tengah tekanan yang semakin meningkat dari Barat.

Hal tersebut diutarakan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu kepada Menhan Belarus Viktor Khrenin dalam pertemuan di Minsk, Sabtu (3/12/2022).

“Belarus telah dan tetap menjadi mitra terpercaya kami,” kata Shoigu, sebagaimana dilansir TASS.

“Ini sangat penting hari ini, di tengah tekanan kolektif Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan perang yang tidak diumumkan melawan negara kami,” sambung Shoigu.

Dia juga memuji tekad Belarus untuk menentang kebijakan bermusuhan AS beserta sekutunya.

“Dan kesiapan untuk bekerja sama untuk memastikan keamanan militer Negara Persatuan,” ujar Shoigu.

Shoigu juga menyebut kehadiran tentara Rusia di Belarus yang dia sebut sebagai kelompok pasukan regional.

“Aktivitas yang bertujuan untuk memastikan koordinasi tempur antara unit militer Rusia dan Belarus yang termasuk dalam kelompok pasukan regional sedang berlangsung berdasarkan keputusan yang dibuat oleh presiden kedua negara,” ucap Shoigu.

Diberitakan sebelumnya, pada pertengahan Oktober, Kementerian Pertahanan Belarus mengatakan, hanya ada kurang dari 9.000 tentara Rusia yang dikerahkan ke Belarus.

Pengerahan tentara Rusia ke Belarus itu disebut sebagai bagian dari kelompok pasukan regional untuk melindungi perbatasannya.

Kepala Departemen Kerja Sama Militer Internasional Kementerian Pertahanan Belarus Valeriy Revenko mengatakan di Twitter pada 16 Oktober tentara Rusia mulai tiba.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan bahwa pasukannya akan dikerahkan dengan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Lukashenko menuturkan, dia menempatkan Belarus dalam keadaan siaga terorisme yang meningkat karena ketegangan di perbatasannya.

Dia mengaitkan langkah itu dengan pengerahan pasukan Belarus bergabung dengan pasukan Rusia di dekat perbatasan selatan Belarus dengan Ukraina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!