Kenang Tokoh Perdamaian Dunia Paus Emeritus Benediktus XVI, Waketum MUI: Beliau Sangat Mulia

Kenang Tokoh Perdamaian Dunia Paus Emeritus Benediktus XVI, Waketum MUI: Beliau Sangat Mulia

tribunwarta.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonsia ( MUI ) Anwar Abbas mengenang Paus Emeritus Benediktus XVI , pemuka agama di VAtikan yang meninggal pada Sabtu, 31 Desember 2022 lalu.

Selain menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya tokoh berusia 95 tahun tersebut. Dia menyampaikan bela sungkawanya baik secara individu maupun mewakili lembaga.

“Saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya Paus Benediktus. Beliau kita dengar dalam beberapa hari terakhir sakit dan dalam keadaan kritis. untuk itu atas kepergiannya Dunia tentu saja merasa kehilangan seorang tokoh yang sangat ramah dan cinta damai ,” kata dia.

“(Ia) tentu sangat patut kita kenang dan apresiasi karena apa yang beliau lakukan adalah sesuatu yang sangat mulia, berarti dan bermakna bagi manusia dan kemanusiaan,” ucap Anwar Abbas , Minggu, 1 Januari 2023.

Dia mengatakan, sikap Paus Benediktus merupakan sesuatu yang mesti dicontoh, selain dikenang dan diapresiasi.

Tanpa memandang perbedaan dari banyak segi, mendiang kata Anwar Abbas selalu mendahulukan kemanusiaan di atas segalanya.

Paus Emeritus Benediktus XVI , dari apa yang bisa dia kenang, merupakan pegiat perdamaian yang tidak kenal lelah menciptakan dunia yang aman dan tentram.

Menurutnya, Paus Benediktus adalah satu diantara segelintir tokoh yang senantiasa berupaya menyatukan asa bersama tokoh-tokoh dunia hingga agama demi terciptanya perdamaian.

“Beliau sangat sering datang menghadiri pertemuan-pertemuan di berbagai belahan bumi ini, bahkan beliau juga terbilang sering mengundang tokoh-tokoh dunia , terutama tokoh-tokoh agamanya untuk datang dan berdialog di Vatikan,” ucapnya.

“Terutama untuk memainkan peran bagaimana caranya tokoh-tokoh agama dunia bisa terlibat dan berkontribusi positif dalam menciptakan perdamaian,” tuturnya lagi

Sebelumnya, mantan Paus Benediktus yang mengundurkan diri pada 2013 tersebut dikabarkan wafat di usianya yang ke-95 tahun di sebuah biara terpisah di dalam Vatikan.

Lokasi itu merupakan tempat tinggalnya sejak mundur dari posisi tersebut. Paus Benediktus XVI terkenang lantaran menjadi paus pertama yang mengundurkan diri sejak 600 tahun terakhir.

Dari keterangan Vatikan, jasad Benediktus akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus, dan prosesnya dilaksanakan secara terbuka kepada publik, mulai Senin, 2 Januari 2023.

Vatikan disebut akan menyelenggarakan ritual panjang sebagaimana mereka memperlakukan seorang paus yang meninggal dunia saat ia berkuasa.

“Dengan rasa duka kami menginformasikan bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI , meninggal dunia hari ini pada pukul 9:34 di Nater Ecclesiae Monastery di Vatikan,” kata sang juru bicara, Matteo Bruni, dalam pernyataan resminya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!