KBRI Tokyo siap kolaborasi lomba pidato peringati hubungan diplomatik

KBRI Tokyo siap kolaborasi lomba pidato peringati hubungan diplomatik

tribunwarta.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyatakan siap untuk berkolaborasi menggelar lomba pidato Bahasa Indonesia dengan seluruh universitas di Jepang jelang peringatan ke-65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

“Tahun 2023kita akan memperingati 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang. KBRI Tokyo siap berkolaborasi dengan seluruh universitas dan sekolah tinggi di Jepang untuk menggelar lomba pidato Bahasa Indonesia di seluruh kampus di Jepang dengan skala yang lebih besar,“ kata Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi di Tokyo, Rabu.

Pernyataan tersebut menyusul gelaran Lomba Pidato Bahasa Indonesia XV 2022 di Kanda University, Chiba, yang diadakan oleh Kanda University of International Studies (KUIS).

Dubes Heri juga berkesempatan untuk meresmikan Lomba Pidato Bahasa Indonesia yang bertemakan “Indonesia di Hatiku” itu.

Lomba yang diikuti berbagai mahasiswa dari beragam universitas tersebut mendapat dukungan penuh KBRI Tokyo.

Selain dari KUIS, 37 peserta yang ikut dalam lomba itu juga berasal dari Osaka University, Keio University, Waseda University, Asia Pasific University, Chuo University, Senshu University, Kokushikan University, Doshisha University dan Daito Bunka University.

“Saya mengapresiasi Bapak Rektor Miyauchi Takahisa dan jajaran KUIS yang aktif mempromosikan Bahasa dan seni budaya Indonesia di Jepang,” katanya.

Menurut Heri, kegiatan selain memperkuat hubungan kedua bangsa, juga menjadi medium menduniakan Bahasa Indonesia yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009.

Dia juga mengapresiasi KUIS yang sejak 2000 telah membimbing lebih dari 450 mahasiswa Jepang untuk belajar Bahasa Indonesia.

Sementara itu, Rektor Kanda University Miyauchi Takahisa berharap melalui lomba itu, para peserta dan umumnya seluruh mahasiswa Jepang dapat lebih meningkatkan motivasi semangat belajar belajar Bahasa Indonesia.

Mahasiswa Chuo University Nakamura Erika, keluar sebagai juara umum dalam kompetisi itu dan mendapatkan hadiah utama satu tiket Pesawat Garuda Indonesia pulang pergi (PP) Indonesia – Jepang.

Kepala Sekolah Republik Indonesia (SRIT) Driyaningsih, Ketua Rumah Budaya Indonesia, Imelda Coutrier dan pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Jepang Matsui Kazuhisa didapuk sebagai juri lomba itu.

Lomba Pidato Bahasa Indonesia XV tahun 2022 di Kanda University itu juga melibatkan Universitas dan Sekolah Penyelenggara Pembelajaran BIPA di wilayah Kanto, Kansai dan Fukuoka,Tokyo University of Foreign Studies (TUFS), Asia University, Nihon University, Sophia University, Takushoku University, Tenry University, SMA Internasional Kanto dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!