Juru Bicara ISIS Sebut Pimpinannya Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi Tewas dalam Pertempuran

Juru Bicara ISIS Sebut Pimpinannya Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi Tewas dalam Pertempuran

tribunwarta.comTRIBUNNEWS.COM, ISTANBUL – Pemimpin negara islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi dilaporkan tewas.

Dilansir dari Aljazeera, juru bicara ISIS Abu Omar al-Muhajer tidak menguraikan detail mengenai kematian al-Qurashi tersebut. Namun, ia hanya menyebut “orang Irak telah tewas dalam pertempuran”.

Sementara itu, juru bicara CENTCOM AS Kolonel Joe Buccino mengatakan bahwa al-Quraishi terbunuh pada pertengahan Oktober.

“Operasi ini dilakukan oleh Tentara Pembebasan Suriah di provinsi Dar’a di Suriah. ISIS tetap menjadi ancaman bagi wilayah tersebut. CENTCOM dan mitra kami tetap fokus pada kekalahan abadi ISIS ,” kata Kolonel Buccino.

Seperti diketahui, Abu Hasan al-Qurashi ditunjuk untuk menjadi pemimpin kelompok tersebut, menggantikan pendahulunya Abu Ibrahim al-Qurashi yang tewas dalam sebuah serangan yang dilakukan oleh AS pada Februari di provinsi Idlib barat laut Suriah.

Adapun kelompok ISIS telah mendeklarasikan apa yang disebut “kekhalifahan” pada 2014 setelah menaklukkan sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah.

Lantas, koalisi militer pimpinan AS meluncurkan operasi yang dijuluki “Inherent Resolve” pada 2014 untuk mengeluarkan ISIS dari wilayah yang dikuasainya.

Pada September lalu, Turki pernah mengklaim bahwa pasukan keamanannya telah berhasil menangkap Bashar Khattab Ghazal al-Sumaidai, seorang “eksekutif senior” ISIS yang juga dikenal sebagai Abu Zeyd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!