Jepang Siaga Tsunami Imbas Erupsi Gunung Semeru, Peringatan Muncul di 2 Wilayah

Jepang Siaga Tsunami Imbas Erupsi Gunung Semeru, Peringatan Muncul di 2 Wilayah

tribunwarta.com – Badan Meteorologi Jepang terus memantau potensi ancaman tsunami di negaranya yang kemungkinan dipicu oleh erupsi Gunung Semeru , Jawa Timur pada 4 Desember 2022.

Berdasarkan lembaga penyiaran Jepang , tsunami kemungkinan mengancam Prefektur Okinawa paling cepat pukul 05.30 GMT, atau sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

“Badan cuaca Jepang memperingatkan bahwa tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa,” katanya.

Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, tempat pertemuan lempeng benua yang menyebabkan aktivitas vulkanik dan seismik tinggi.

Ada pun aktivitas vulkanik di Gunung Semeru sendiri mulai terpantau sejak pukul 2.46 WIB pada Minggu, 4 Desember 2022.

Erupsi dan awan panas membubung tinggi sekitar 1.500 meter di atas puncak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) mengatakan awan panas yang berguguran berasal dari tumpukan material ujung lidah lava di sekitar 800 meter dari puncak Kawah Jonggring Seloko.

Saat ini warga di sekitar Gunung Semeru telah diimbau untuk tidak beraktivitas dan menjauhi wilayah sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi ).

Status erupsi gunung tersebut juga telah naik dari Level Siaga menjadi Awas per pukul 12.00 WIB.

“Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung dari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!