Gunung Berapi Lascar Meletus, Semburkan Material Letusan Setinggi 6.000 Meter ke Langit

Gunung Berapi Lascar Meletus, Semburkan Material Letusan Setinggi 6.000 Meter ke Langit

tribunwarta.com – Pejabat Chile mengumumkan peringatan keselamatan setelah gunung berapi Lascar mengirimkan letusan setinggi 6.000 meter (hampir 20.000 kaki) ke langit.

Gunung berapi Lascar , yang terletak di Andes, bergemuruh pada Sabtu (10/12/2022), memicu gempa bumi kecil menurut laporan BBC.

Sejauh ini tidak ada kerusakan yang dilaporkan di daerah sekitarnya.

Namun, pemerintah setempat telah meningkatkan kewaspadaan dengan meningkatkan status gunung dari awalnya peringatan hijau menjadi kuning.

Layanan Geologi dan Pertambangan Nasional Chile (Sernageomin) mendefinisikan status “kuning” sebagai tanda bahwa gunung berapi tidak stabil.

Klasifikasi tersebut juga berarti para ahli terus memantau lokasi ledakan kecil dan munculnya asap, menurut Sernageomin.

Penduduk Talabre, Antofagasta, sebuah kota kecil yang berjarak kurang dari 12 kilometer dari gunung berapi, pertama kali melihat beberapa aktivitas vulkanik sekitar tengah hari.

Dilansir dari pada Minggu (11/12/2022), diperkirakan tidak ada rumah yang rusak meskipun awan asap raksasa yang dipancarkan Lascar terdiri dari abu vulkanik dan gas panas.

Pihak berwenang telah menetapkan batas larangan masuk 5 kilometer dari kawah gunung berapi.

Gunung Berapi Lascar terletak di utara negara Amerika Selatan dan berjarak 70 kilometer dari San Pedro de Atacama.

Lokasi itu merupakan tujuan wisata populer untuk trekking dan kunjungan ke Gurun Atacama, tempat terkering di Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!