Eks Presiden China Jiang Zemin Wafat, Bendera Setengah Tiang Dikibarkan

Eks Presiden China Jiang Zemin Wafat, Bendera Setengah Tiang Dikibarkan

tribunwarta.com – Bendera setengah tiang dikibarkan di gedung-gedung pemerintah dan kantor Partai Komunis di berbagai wilayah China , juga di luar negeri, setelah mantan Presiden Jiang Zemin meninggal dunia dalam usia 96 tahun.

Seperti dilansir AFP, Rabu (30/11/2022), televisi pemerintah CCTV menyebut perintah pengibaran bendera setengah tiang itu berlaku mulai Rabu (30/11) waktu setempat hingga pemakaman mendiang Jiang digelar — tanggalnya belum diumumkan.

Kantor berita China, Xinhua, sebelumnya mengabarkan Jiang meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Rabu (30/11) siang waktu setempat. Saat menjabat Presiden China tahun 1980-an silam, Jiang memimpin China melalui era transformasional dan memasuki milenium baru.

“Jiang Zemin meninggal dunia karena leukemia dan kegagalan banyak organ di Shanghai pada pukul 12.13 waktu setempat, pada 30 November 2022, dalam usia 96 tahun, diumumkan pada hari Rabu,” lapor kantor berita China, Xinhua.

Diketahui bahwa Jiang mulai menjabat Presiden China tahun 1989 setelah tragedi Lapangan Tiananmen. Dia memimpin negara terpadat di dunia itu menuju kemunculannya sebagai negara berpengaruh di panggung global.

Ketika Jiang menggantikan Deng Xiaoping sebagai presiden tahun 1989, China masih dalam tahap awal modernisasi ekonomi.

Namun, pada saat dia pensiun sebagai presiden tahun 2003, China sudah menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan Inggris telah menyerahkan Hong Kong, bahkan Beijing telah dipastikan menjadi tuan rumah Olimpiade 2008, dan negara tersebut sedang menuju status menjadi negara adidaya.

Para analis mengatakan Jiang dan faksinya “Shanghai Gang” terus memberikan pengaruh atas politik komunis, lama setelah dia meninggalkan jabatan puncak. Jiang meninggalkan seorang istri bernama Wang Yeping dan dua putra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!