China Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Kerahkan 71 Pesawat Tempur!

China Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Kerahkan 71 Pesawat Tempur!

tribunwarta.com – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa China mengerahkan 71 pesawat tempur dalam latihan militer akhir pekan di sekitar Taiwan .

Dilansir kantor berita AFP, Senin (26/12/2022), data dari Kementerian Pertahanan Taiwan menunjukkan latihan itu adalah salah satu yang terbesar sejak mereka mulai merilis penghitungan harian.

Militer China mengatakan telah melakukan “latihan serangan” pada hari Minggu (25/12) sebagai tanggapan atas “provokasi” dan “kolusi” antara Amerika Serikat dan Taiwan.

Dalam sebuah posting di Twitter, Taiwan mengatakan 60 jet tempur ikut serta dalam latihan militer China tersebut, termasuk enam pesawat tempur SU-30, beberapa di antaranya yang paling canggih di China.

Selain itu, 47 pesawat tempur China bergerak masuk ke zona pertahanan udara pulau itu. Ini merupakan penyusupan harian tertinggi ketiga yang pernah tercatat, menurut database AFP.

China tidak merinci jumlah pesawat yang dimobilisasi untuk latihan hari Minggu tersebut.

Penghitungan harian Taiwan menunjukkan sebagian besar penyusupan melintasi “garis median” yang membentang di Selat Taiwan yang memisahkan kedua sisi. Jumlah yang lebih kecil berada di zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya Taiwan.

Taiwan terus-menerus hidup di bawah ancaman invasi oleh China, yang mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya, dan suatu hari nanti akan direbut bahkan jika perlu dengan kekerasan.

Di bawah Presiden Xi Jinping, Beijing telah meningkatkan tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi terhadap Taiwan seiring hubungan yang memburuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!