Simpan Roti di Freezer, Benarkah Ada Reaksi Kimia yang Buruk?

Simpan Roti di Freezer, Benarkah Ada Reaksi Kimia yang Buruk?

tribunwarta.com Roti tawar adalah salah satu makanan terpopuler di masyarakat. Biasanya, roti digunakan sebagai menu untuk sarapan, bekal, hingga camilan. Namun, masa kedaluwarsa roti yang singkat, yaitu hanya tiga sampai lima hari membuat roti harus segera dikonsumsi sampai habis.

Salah satu tanda roti sudah tidak layak dikonsumsi adalah tumbuhnya jamur setelah masa kedaluwarsa berakhir. Guna mengatasi hal tersebut, membekukan alias menyimpan roti di freezer adalah salah satu cara terbaik agar bisa tahan lebih lama dan tetap bisa dikonsumsi meskipun telah kedaluwarsa.

Berkaitan dengan hal tersebut, viral sebuah twit dari salah satu warganet (@Widino) yang membagikan pengalamannya menyimpan roti di freezer. Melalui twitnya, @Widino menyatakan bahwa pengalamannya adalah salah satu tips hidup (lifehack) yang harus diketahui banyak orang.

Lifehack yg mungkin kalian belum tau, simpen roti tawar di freezer bisa bertahan sampe hitungan bulan,” ungkap @Widino, Senin (26/12/2022).

Ajaib, rotinya masih bagus, kering, ga basah sama sekali, tetep empuk, lembut, sama kaya roti baru. Sejak tau cara ini ga pernah lagi buang2 roti karena expired atau jamuran,” sebutnya.

@Widino mengatakan, kondisi roti ketika diambil dari freezer adalah keras, beku, dan tidak ada jamur sama sekali. Namun, kondisi roti akan kembali menjadi seperti semula dan seperti baru dibeli setelah didiamkan beberapa menit di suhu ruang.

Melihat fenomena tersebut, salah seorang warganet menandai salah satu peneliti, Dr. Irvan Kartawiria untuk memberikan konfirmasi. Dalam balasannya, warganet tersebut menanyakan reaksi kimia yang terjadi pada roti selama berada di freezer.

“Nggak ada reaksi kimia khusus. Dengan masuk freezer, jamur nggak bisa tumbuh karena suhunya terlalu dingin. Udara freezer juga lebih kering dibandingkan ruangan rumah kita, jadi jamur makin sulit hidup,” respon Dr. Irvan Kartawiria, Senin (26/12/2022).

Dr. Irvan menjelaskan bahwa kombinasi kondisi udara dan pengawet makanan dapat membuat roti dapat bertahan lama.

Dilansir dari Healthline, cara terbaik untuk membekukan roti di freezer adalah bungkus roti dengan rapat menggunakan bungkus plastik atau aluminium foil. Pastikan tidak ada udara yang mengendap di bungkusan roti, dan beri label tanggal pembelian pada kemasan. Dengan demikian, roti bisa bertahan dan dapat dikonsumsi hingga enam bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!