Simak, 7 Cara Mudah Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Nyaman

Simak, 7 Cara Mudah Bikin Kamar Tidur Jadi Lebih Nyaman

tribunwarta.com – Kamar tidur menjadi salah satu area di dalam rumah yang paling sering digunakan untuk bersantai dan beristirahat.

Oleh sebab itu, tak jarang orang-orang berusaha untuk membuat kamar tidur mereka terasa lebih nyaman dari segala aspek.

Tidak peduli seberapa besar kamar tidur kita, para ahli pun membagikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat ruangan ini menjadi lebih nyaman, seperti yang dilansir dari laman Martha Stewart berikut ini.

1. Mengecat dinding kamar

dengan warna yang menenangkan
Menurut seorang desainer interior, Taniya Nayak, mengecat dinding kamar dengan berbagai warna yang menenangkan dapat membantu membuat kamar menjadi lebih nyaman.

Ada pun pilihan warna yang disarankannya termasuk putih dan biru.

“Untuk mendapatkan kesan tenang dan nyaman, kita bisa mengecat kamar dinding kamar dengan warna-warna yang lembut dan jangan mengesampingkan warna yang lebih dalam,” katanya.

Sementara warna cat terang cenderung membuat ruangan tampak lebih besar, nuansa gelap dapat menghasilkan suasana yang nyaman dan lebih solid.

2. Memberikan aroma yang tepat

Aroma yang tepat juga dapat menciptakan suasana nyaman di kamar tidur mana pun.

“Saya menyukai suasana santai dan aroma lilin yang menenangkan, yang menambah faktor kenyamanan di kamar tidur saya,” ujar Nayak.

Jika kita khawatir tentang bahaya api, alternatif seperti diffuser ruangan beraroma atau lilin yang dioperasikan dengan baterai juga bisa menjadi pilihan.

Kita bahkan dapat mencoba diffuser minyak esensial atau aroma plug-in yang berfungsi ganda sebagai lampu malam.

3. Melapisi tempat tidur dengan seprai katun

Cara lain untuk membuat kamar tidur lebih tenang adalah dengan melapisi tempat tidur dengan seprai berbahan nyaman seperti flanel atau katun.

“Tidak hanya nyaman, tetapi lapisan-lapisannya terlihat bergaya,” ungkap Nayak.

Untuk selimut, pilihlah sesuatu yang bersifat musiman, yang berfungsi sebagai dekorasi dan cocok dengan aksen liburan.

Atau gunakan selimut sepanjang tahun dengan bahan yang mewah seperti kasmir, bahkan lebih baik lagi jika menggunakan bahan ramah lingkungan yang terbuat dari katun daur ulang.

4. Menjaga suhu ruangan yang tepat

Tempat tidur yang nyaman belum tentu sangat hangat, terutama jika kita lebih suka tidur dengan suhu dingin.

“Itulah pentingnya memerhatikan suhu ruang tidur, yang bertepatan dengan jenis bahan tempat tidur dan jumlah lapisan yang kita pilih, terlebih dalam hal memilih seprai dan selimut,” kata general manager Home Depot Home, Corinne Bentzen.

“Kita juga harus menyesuaikan kenyamanan dengan musim supaya bisa memilih tingkat suhu yang terbaik,” sambung dia.

5. Sesuaikan pencahayaan kamar

Kita juga bisa menciptakan suasana santai dalam kamar dengan pencahayaan.

Hindari hanya memiliki satu sumber cahaya dan cobalah menambahkan pencahayaan yang mampu meningkatkan fungsionalitas dan suasana kamar.

• Jenis lampu

Umumnya, ada tiga jenis lampu yang perlu kita ketahui, yakni berdasarkan fungsi, ambien, dan aksen.

Jenis lampu berdasarkan fungsi akan memberikan penerangan untuk pekerjaan yang detail (seperti lampu meja yang digunakan untuk membaca di atas meja kerja), sementara lampu ambien menciptakan tingkat pencahayaan terpadu.

Di sisi lain, lampu aksen digunakan untuk menyoroti objek atau ruang tertentu seperti lampu gambar yang bersinar di atas karya seni.

• Jenis bohlam

“Saat memilih perlengkapan lampu, usahakan untuk memasukkan bohlam yang tepat juga,” terang direktur tren dan desain di The Home Depot, Sarah Fishburne.

Sebagai permulaan, cobalah bohlam ramah lingkungan yang dapat diredupkan dan memungkinkan kita untuk mengontrol kecerahan, serta menciptakan suasana sekitar.

Dia juga mencatat bahwa opsi ini akan menambah kenyamanan ruang dan mengurangi beban listrik.

6. Jangan terlalu berhemat bantal

Memiliki beragam bantal juga bisa membuat kenyamanan di dalam kamar tidur.

Misalnya, bantal untuk badan dapat menciptakan kedalaman di balik bantal dekoratif di siang hari, memberikan tempat tidur yang nyaman dan membentuk teman tidur yang paling nyaman di malam hari.

“Untuk pilihan dekoratif, bantal juga dapat menambah daya tarik visual dan menyatukan skema warna ruangan,” tutur Bentzen.

“Satu atau dua bantal dalam pola dan ukuran yang berbeda dapat membuat perbedaan besar, terlebih untuk mengubah tekstur dan warna tergantung pada musim,” ujar dia.

7. Menambahkan tanaman atau bunga yang segar

Untuk mengubah kamar tidur menjadi tempat yang nyaman, gunakan bahan alami, tanaman, dan elemen yang memicu kesenangan secara pribadi.

“Menambahkan tanaman hijau atau bunga yang segar akan membuat kamar tidur terasa lebih tenang,” kata Fishburne.

“Ini sekaligus dapat meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik dan tentunya menambah keindahan ruang,” imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!