Rambut didaur ulang untuk lindungi lingkungan di Belgia

Rambut didaur ulang untuk lindungi lingkungan di Belgia

tribunwarta.com – Para pemangkas rambut di Belgia menyapu dan menyimpan potongan rambut dari para konsumen mereka, kemudian menyerahkannya kepada LSM yang mendaur ulang rambut untuk melindungi lingkungan.

Proyek The Hair Recycle (Daur Ulang Rambut) mengolah rambut dengan mesin yang mengubahnya menjadi kotak padat yang bisa dipakai untuk menyerap minyak dan hidrokarbon lain yang mencemari lingkungan, atau dibuat menjadi kantong bio-komposit.

Disiarkan Reuters, Kamis, pendiri proyek Patrick Janssen menjelaskan 1 kg rambut bisa menyerap 7-8 liter minyak dan hidrokarbon. Keset dari rambut itu bisa ditempatkan di saluran air untuk menyerap polusi sebelum akhirnya air mengalir ke sungai.

“Produk kami lebih ramah lingkungan karena diproduksi secara lokal.. tidak diimpor dari belahan planet yang lain,” katanya kepada Reuters.

Dalam laman resmi, disebutkan rambut punya kekuatan yang hebat, sehelai rambut bisa menopang hingga 10 juta kali beratnya sendiri, dan selain menyerap lemak dan hidrokarbon, rambut larut dalam air dan sangat elastis karena punya serat keratin.

Isabelle Voulkidis, manajer salon Helyode di Brussel, adalah salah satu dari puluhan penata rambut di seluruh negeri yang membayar sedikit biaya untuk mengumpulkan potongan rambut mereka.

“Apa yang memotivasi saya, secara pribadi, adalah saya merasa sayang bila rambut dibuang begitu saja ke tempat sampah, padahal saya tahu ada banyak manfaat,” katanya, sambil menyisir dan memotong salah satu rambut pelanggannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!