Push Up hingga Squat, Latihan Mudah untuk Kuatkan Otot

Push Up hingga Squat, Latihan Mudah untuk Kuatkan Otot

tribunwarta.com – Olahraga atau latihan secara rutin memiliki banyak dampak positif bagi tubuh.

Bahkan, menurut seorang pelatih pribadi dan pendiri Mind In Muscle Coaching di Los Angeles, Keith Hodges, beberapa latihan tidak hanya mampu membakar lemak, namun juga secara efektif dapat memperkuat otot-otot.

“Selama kita konsisten untuk tetap aktif dan memiliki gaya hidup yang sehat, maka kita bisa menurunkan berat badan sekaligus mebentuk otot tubuh,” kata dia.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak lima latihan untuk memperkuat otot yang mudah dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun, seperti yang dilansir dari laman She Finds berikut ini.

1. Plank

Jika kita ingin memperkuat otot inti, plank adalah salah satu latihan terbaik yang bisa kita lakukan di rumah.

Latihan ini berfokus pada beberapa bagian tubuh, termasuk perut, tulang belakang, dan punggung atas.

Ketika kita menargetkan titik-titik ini, kemungkinan besar kita bisa memperbaiki postur tubuh, yang pada akhirnya akan mengurangi rasa sakit dan nyeri di punggung.

2. Push up

Menurut pelatih pribadi dan pakar kesehatan di Maple Holistics, Caleb Backe, push up sangat luar biasa dan melatih setiap bagian tubuh, yang membantu mengencangkan semua otot.

“Melakukan hanya tiga set 12 push up selama 3-4 kali seminggu dapat membantu membentuk otot dalam beberapa minggu,” terangnya.

“Jika kita merasa sulit pada awalnya untuk melakukan push up secara penuh, cobalah melakukan push up yang dimodifikasi, dengan menggunakan lutut untuk menstabilkan tubuh dan mendorongnya ke atas,” tambah dia.

3. Burpee

Latihan ini bisa memperkuat otot dan mengencangkan seluruh tubuh.

“Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak dan tangan diletakkan di pinggul,” kata ahli diet dan pelatih pribadi, Reda Elmardi.

“Lalu, jongkok ke bawah sampai paha sejajar dengan tanah, jaga agar lutut tetap berada di atas jari-jari kaki (ini benar-benar akan membawa intensitas ke area paha dan otot bokong ),” sambung dia.

Selanjutnya, lompati kaki ke depan dan sentuh lantai di belakang sambil melompat ke atas dan mendorong kaki kiri untuk berdiri kembali.

“Ulangi gerakan ini pada sisi yang berlawanan, karena ini adalah satu repetisi. Lanjutkan melakukan burpee untuk total 20 repetisi,” Elmardi merekomendasikan.

4. Squat

Pelatih kebugaran, Erica Ziel juga berbagi bagaimana squat bisa menjadi pilihan latihan yang baik di rumah.

“Squat melatih semua otot kaki, ditambah dengan otot inti dalam (termasuk dasar panggul),” ungkapnya.

“Squat, terutama ketika dipraktikkan dengan bentuk yang benar, dapat meningkatkan perasaan dan gerakan tubuh.

“Latihan ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Untuk tantangan tambahan, tentu saja kita bisa menambahkan beban,” jelas dia.

5. Glute bridge

Glute bridge merupakan latihan penguatan otot lainnya yang mungkin bisa kita coba di rumah.

Sean Ruff, seorang pelatih kebugaran dan spesialis peningkatan performa, menyarankan latihan ini karena dapat menargetkan tubuh bagian atas dan bawah.

“Jika kita ingin fokus pada beberapa kelompok otot, glute bridge dapat membantu karena latihan ini melatih otot-otot di bagian bokong, paha belakang, punggung bawah, dan perut,” imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!