Pemicu Kecoak Bersarang di Kamar Mandi, Apa Saja?

Pemicu Kecoak Bersarang di Kamar Mandi, Apa Saja?

tribunwarta.com – Melihat kecoak mondar-mandir di dapur saja sudah menjijikkan, apalagi jika serangga ini sampai bersarang di kamar mandi .

Ya, kamar mandi yang sehari-hari digunakan untuk membersihkan tubuh ternyata menjadi tempat favorit bagi kecoak untuk hidup.

Pemilik EnviroCon Termite & Pest, Steve Durham mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan serangga itu bersarang di suatu tempat.

Faktor yang dimaksud Durham meliputi sumber makanan, air, dan tempat gelap yang situasinya penuh kedamaian dan ketenangan.

Beberapa faktor yang sudah ia sebutkan sayangnya bisa didapatkan kecoak di kamar mandi, sehingga tidak heran jika mereka suka masuk ke tempat ini.

Kebersihan kamar mandi

Bagi penghuni rumah yang sudah berpengalaman mengatasi kecoak di dapur, mereka tentunya paham bahwa kebersihan tempat ini begitu penting.

Karena alasan itu, dapur perlu dikeringkan dan segera dibersihkan dari sampah yang berceceran, sisa makanan, dan piring kotor yang menumpuk.

Nah, tidak jauh berbeda dengan dapur, perawatan dan kebersihan kamar mandi juga menjadi faktor penting agar kecoak tidak datang.

Itulah mengapa penghuni rumah disarankan tidak membiarkan keset kamar mandi dan handuknya terus-menerus lembap.

Disarankan juga untuk tidak menumpuk pakaian kotor karena kondisi ini memberikan sumber air dan tempat bersembunyi bagi kecoak.

Faktor lainnya yang mengundang kecoak masuk kamar mandi adalah kebersihan tempat sampah di tempat ini.

Tempat sampah dapat memancing kecoak untuk datang, apalagi jika tempat sampah di kamar mandi terdapat sisa makanan.

Karena alasan itulah tempat sampah untuk kamar mandi perlu rutin dikosongkan dan dibersihkan.

Kalau pun penghuni rumah belum sempat membersihkan tong sampah kamar mandi, mereka sebaiknya menutup benda ini agar kecoak tidak masuk.

Hal tersebut merupakan anjuran dari pemilik ATCO Pest Control, Richard Estrada, sebagaimana dilansir dari Best Life.

Di sisi lain, mereka yang tidak ingin dibayangi rasa takut kecoak di kamar mandi perlu membersihkan pasta gigi, sabun, atau sisa produk apa pun.

Bersihkan juga toilet supaya serangga ini tidak mendapatkan sumber makanan dengan mudah.

Kondisi air di kamar mandi

Menutup, mengosongkan, dan membersihkan tempat sampah tidaklah cukup untuk mencegah kecoak masuk kamar mandi.

Lebih dari itu, perhatikan juga wastafel, shower, bak mandi, dan bagian lain dari tempat ini untuk menghindari kecoak datang.

Menurut pemilik Triangle Pest Control, Donnie Shelton, kamar mandi sebaiknya dibersihkan dari genangan air.

Pasalnya, genangan air menjadi sasaran kecoak untuk mendapatkan sumber air dan penting juga untuk memperbaiki keran yang bocor.

Di samping itu, faktor berikutnya yang memungkinkan serangga tersebut bersarang di kamar mandi adalah keberadaan celah.

Mungkin kamar mandi yang selama ini dianggap tertutup rapat memiliki celah yang belum disadari dan hal ini menjadi jalur keluar-masuk kecoak.

Untuk mencegah risiko tersebut, penghuni rumah diminta untuk menambal celah di kamar mandi -termasuk pipa pembuangan dengan dempul silikon.

Pastikan juga untuk menutup penutup saluran yang terbuat dari karet atau besi agar tidak memudahkan kecoak untuk mondar-mandir di kamar mandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!